Kiat Menhub Dekati Warga yang Tolak Bandara Kulon Progo

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gunung Kidul, Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan merangkul dan melakukan pendekatan secara persuasif kepada warga yang menolak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, Yogyakarta.

Menhub: Transportasi Jakarta Tak Mungkin Dibiarkan Sendiri

Budi yakin melalui komunikasi yang baik, persuasif, dan hati-hati, warga akan mengerti serta lebih memahami tujuan pembangunan bandara. Menurut dia, bandara dibangun justru untuk kemajuan, kemaslahatan, dan kepentingan masyarakat umum, khususnya warga Kulon Progo.

"Kami akan secara hati-hati mendekati masyarakat. Kami ingin membuka, kami satu-satu ketuk pintu akan menyampaikan maksud baik pemerintah," kata Budi di sela acara peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2017, di Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Sabtu, 9 Desember 2017.

Menteri Perhubungan Berterus Terang 1,5 Juta Orang Lolos Mudik

Mantan direktur utama Angkasa Pura II ini mengatakan, pendekatan dengan cara-cara yang lembut akan membuat masyarakat lebih memahami. "Kami akan coba untuk menjelaskan maksud dari pembangunan itu sendiri," katanya.

Atas nama pemerintah dan pribadi, Budi juga mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan di masyarakat. "Hal ini penting saya sampaikan karena kami enggak tahu kan yang namanya teman-teman di lapangan kadang-kadang lagi capek, bisa juga emosi, bisa juga karena disulut yang lain. Kami ingin sekali ada satu kesamaan, kami ingin sekali Yogya ini tambah hebat," ujarnya.

Tinjau Bandara Soetta, Menhub Minta Antisipasi Arus Balik Lebaran

Kendati masih ada belasan warga yang menolak, Budi meyakini pembangunan ini akan bisa berjalan dan selesai, serta bisa beroperasi sesuai dengan target, yakni sekitar April 2019.

Menhub Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke Jakarta Utara

Gaya Menhub Budi Karya Bernyanyi dan Gitaran di Kapal Penumpang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau aktivitas kapal penumpang di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke Jakarta Utara. Ia bernyanyi lagi Koes Plus.

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2022