Rayakan Hari HAM, Jokowi Akui Banyak PR Belum Dituntaskan

Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Besar NU
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenpora

VIVA – Dalam peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) ke-69 yang digelar di Surakarta, Presiden Joko Widodo mengakui masih banyak pekerjaan yang belum bisa pemerintahannya tuntaskan. 

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Saya menyadari masih banyak pekerjaan besar, pekerjaan rumah perihal penegakan HAM yang belum bisa tuntas diselesaikan," jelas Jokowi, di Hotel Sunan, Surakarta, Minggu 10 Desember 2017.

Sejauh ini, yang masih menjadi sorotan dalam kasus HAM seperti tragedi 1965, penembakan Semanggi 1998, pembunuhan aktivis HAM Munir 2004. Dalam kasus pelanggaran HAM masa lalu, sejak era Reformasi hingga kini memang belum bisa dituntaskan. 

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Jokowi mengapresiasi sejumlah pihak, yang telah menjalankan prinsip-prinsip HAM selama ini. Baik itu pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Termasuk pihak di luar pemerintah. 

"Dan terima kasih kepada Komnas HAM, dan komnas-komnas lain dan rekan-rekan akitivis HAM yang tiada hentinya memperjuangkan rasa keadilan masyarakat," katanya. 

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Jokowi mengajak semua komponen bangsa untuk bersatu mewujudkan HAM dalam kehidupan. Semua elemen harus bersama-sama, membangun itu untuk keadilan sosial. 

"Selamat hari HAM sedunia dan selamat bekerja bersama untuk membangun fondasi HAM yang kokoh untuk Indonesia yang adil, untuk Indonesia yang makmur, untuk Indonesia yang sejahtera," ujar Jokowi. (one)

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, tidak ingin ikut campur terkait posisi Presiden Jokowi di PDIP. Termasuk nasib kakaknya, Gibran Rakabuming Raka

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024