Gerindra, PAN dan PKS Juga Berkoalisi di Luar Jawa

Petinggi Gerindra, PAN dan PKS sepakat koalisi.
Sumber :
  • Edwin Firdaus - VIVA

VIVA – Selain di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera, juga sepakat berkoalisi memenangkan calon yang sama di Pilkada serentak luar Pulau Jawa.

Sambangi Awang Faroek, Pemenang Pilkada Kaltim Ingin Islah

"Dengan Gerindra dan PAN kami akan bersama di Jabar, Jateng, dan di Sumatera Utara. Kemudian di Kalimantan Timur, di Maluku Utara, saya kira itu,"  kata Sohibul Iman didampingi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum Gerindra, Prabowo Subianto di DPP PKS, Minggu, 24 Desember 2017.

Menurut Sohibul, dengan terbentuknya koalisi ketiga partai ini, maka mereka akan segera mengumumkan nama-nama calon yang akan diusung di masing-masing wilayah pemilihan.

Menang di Pilgub, Isran Noor Diminta Jokowi Genjot Pembangunan Kaltim

"Nama-nama di tiap provinsi akan kami umumkan setelah masing-masing partai membahasnya di internal masing-masing," kata Sohibul.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo mengaku tidak khawatir calon yang diusung bersama PKS dan PAN kalah populer, dengan calon dari partai atau koalisi parpol lain, khususnya di Pilkada Jabar dan Jateng.

Quick Count Pilkada Kaltim, LSI dan Indobarometer: Isra-Hadi Juara

Menurut Prabowo, tugas partai politik yang terpenting  memberikan calon yang dinilai terbaik kepada rakyat. Seperti saat pihaknya menentukan calon gubernur DKI Jakarta, di Pilkada 2017.

"Proses demokrasi yang kami jalankan, peran parpol itu menyaring dan mempersembahkan kepada rakyat calon terbaik untuk rakyat yang memilih. Dalam proses ini, itu yang kami kerjakan sekarang," kata Prabowo.
 

Isran Noor-Hadi Mulyadi sebagai Gubernur dan Wagub Kaltim terpilih

KPU Tetapkan Isran Noor-Hadi Gubernur dan Wagub Kaltim Terpilih

Keduanya terpilih dengan perolehan 417.171 suara sah

img_title
VIVA.co.id
24 Juli 2018