Mati Tersengat Listrik, Gading Gajah Dicuri

Ilustrasi/Gajah mati
Sumber :
  • REUTERS/Sabah Wildlife Department/Handout

VIVA – Seekor Gajah Sumatera (Elephas maximus) berjenis kelamin betina tewas dalam kondisi mengenaskan di perkebunan warga di Desa Kota Dalam Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Karya Fotografi Menangkap Keindahan Satwa di Taman Safari, Ada Kisah Menarik di Baliknya

Menurut Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat, mamalia darat terbesar ini tewas karena tersengat listrik. Ironisnya, gadingnya juga hilang dicuri.

"Diduga mati karena terkena aliran listrik yang dipasang warga. Tapi untuk kabelnya tidak ditemukan. Gadingnya sudah hilang dipotong," ujar Kepala BKSDA Sumatera Selatan, Genman Hasibuan, Selasa, 9 Januari 2018.

Gajah Sumatera, Kambing Hingga Ular, Ikut Upacara HUT RI di Bali

Genman menyebut, kawasan tempat penemuan bangkai gajah betina berusia 7 tahun itu dikenal memang sebagai habitatnya.

Karena itu di kawasan Desa Kota Dalam kerap ada laporan masuknya gajah ke permukiman dan perkebunan warga. "Karena sering keluar masuk dari taman nasional mencari makanan. Sehingga untuk di perkebunan dipasang aliran listrik," ujarnya.

Geger Penemuan Fosil Gading Gajah di Sragen, Umurnya Diperkirakaran 800 Tahun

Hingga kini, kasus kematian satwa langka itu masih diselidiki. Genman memastikan jika didapati unsur pidana, maka para pelaku akan diproses hukum. (mus)

Gajah Sumatera.

Gajah Sumatera, Hewan Penjaga Ekosistem di Hutan

Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) merupakan salah satu hewan endemik Indonesia. Pengertian hewan endemik adalah hewan yang asli dan hanya ada di suatu wilayah.

img_title
VIVA.co.id
9 Desember 2023