Seniman Kondang Sujud Kendang Meninggal Dunia

Seniman kondang Sujud Kendang meninggal dunia
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskito

VIVA – Berita duka datang dari Yogyakarta. Seniman kondang Sujud Sutrisno (65) atau yang dikenal dengan julukan Sujud Kendang meninggal pada Senin 15 Januari 2018 pukul 12.30 WIB di RS Wirosaban, Kota Yogyakarta. Sujud Kendang meninggal karena penyakit batu empedu yang diderita sejak awal 2017 lalu.

Ketua Komisi Fatwa MUI Prof KH Hasanuddin AF Meninggal Dunia

Sujud Kendang dikenal sebagai seniman yang totalitas memilih mengamen dengan kendang sebagai jalan hidupnya. Karena dedikasinya, Sujud Kendang sering diundang mengisi acara kampus maupun event kesenian lainnya.

Menyambangi rumah duka di Bandran RT 51/11 Bumijo, Kecamatan Jetis, istri kedua Sujud Kendang, Mamik Sumaryanti menceritakan perjuangan almarhum disaat sakit namun tetap selalu berusaha memenuhi undangan yang datang.

Muhammadiyah Berduka Yahya Muhaimin Wafat: Sosok Intelektual Teladan

“Semasa hidupnya, jika ada undangan tampil beliau selalu tampil sebagai bentuk penghormatan kepada yang mengundang. Dan juga sebagai dedikasi beliau kepada dunia seni,” jelas Mamik.

Sujud Kendang lahir di Klaten, Jawa Tengah 20 September 2965 dari keluarga yang berlatar belakang dunia kesenian. Ayah Sujud Kendang dikenal sebagai seniman colekan dan karawitan bernama Wiro Suwito.

Mantan Mendiknas Era Gusdur Yahya Muhaimin Meninggal Dunia

Mengamen sejak kecil dengan kendang dan menjadi ciri khasnya, Sujud Kendang beberapa kali tampil di televisi lokal di Yogyakarta bersama seniman-seniman terkenal. “Meski sudah memiliki nama dan sering tampil di panggung, namun Bapak masih sering mengamen di jalanan,” jelasnya.

Hingga awal 2017 lalu, Sujud Kendang harus bolak balik memeriksakan dirinya ke RS Wirosaban. Awal Januari tahun ini, Sujud Kendang menjalani operasi untuk mengangkat batu empedunya dan mendapatkan perawatan hingga kondisinya menurun hingga meninggal.

Rencana, keluarga akan memakamkan jenazah pada Selasa 16 Januari 2018 di TPU Utara Laya Kecamatan Tegalrejo. Pada September lalu Sujud Kendang sempat dikabarkan meninggal dunia, namun hal itu ternyata tidak benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya