PDIP, Golkar, dan Gerindra Masih Tiga Besar di Pemilu 2019

Penutupan Munaslub Partai Golkar 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Peneliti Lingkaran Survei Indonesia Denny JA, Rully Akbar menyebutkan terdapat tiga partai papan atas yang perolehan dukungannya di atas 10 persen dalam pemilu 2019. Di antaranya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Golkar, dan Partai Gerindra.

Golkar, PAN dan Demokrat Sepakat Koalisi Usung Jaro Ade di Pilkada Kabupaten Bogor

"Ketiga partai ini, konsisten memperoleh dukungan di atas 10 persen dalam lima kali survei terakhir LSI," kata Rully di kantor LSI, Jakarta, Rabu 24 Januari 2018.

Ia menyebutkan, per Januari 2018, PDIP meraih elektabilitas sebesar 22,2 persen. Lalu, Partai Gerindra memiliki elektabilitas 11,4 persen, dan Partai Golkar 15,5 persen.

Serius Bangun Koalisi di Pilkada Semarang, Golkar dan PKS Buka Pintu untuk Parpol Lain

"Gerindra mempunyai peluang menjadi peringkat dua, atau bahkan menjadi pemenang pemilu, jika Prabowo Subianto sukses sebagai capres atau cawapres," kata Rully.

Ia menambahkan, pengaruh faktor figur masih kuat untuk mendongkrak suara partai. Sebab, asosiasi Partai Gerindra dengan Prabowo sangat kuat.

243 Bakal Calon Kepala Daerah Daftar ke Golkar Sumut untuk Bertarung di Pilkada 2024

"Sehingga, makin Prabowo diterima atau menguat, makin besar peluang Gerindra memperoleh efek elektoral," kata Rully.

Ia juga membandingkannya sama dengan bagaimana figur Susilo Bambang Yudhoyono, atau SBY yang bisa mendongkrak suara Partai Demokrat.

"Figur SBY yang kuat di tahun 2009, mampu mendongkrak Demokrat di era itu menjadi nomor satu," kata Rully.

Survei ini dilakukan pada 1.200 responden dengan metode multi stage random sampling. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka serentak di 34 provinsi sejak 7 sampai 14 Januari 2018. Margin of error plus minus 2,9 persen dengan riset kualitatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya