Ketua DPR Bambang Soesatyo: Kritik adalah Vitamin buat Saya

Bambang Soesatyo jadi Ketua DPR
Sumber :
  • Lilis Khalisotussurur

VIVA – Ketua DPR, Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan akan mempertaruhkan jabatannya kalau ada masyarakat hingga wartawan yang mengkritik DPR lalu dijebloskan ke penjara.

Fahri Hamzah: Pimpinan MPR Ditambah Sinyal Rekonsiliasi Jokowi

"Saya pertaruhkan jabatan saya kalau ada rakyat termasuk wartawan yang kritik DPR, lalu dijebloskan ke penjara," kata Bamsoet melalui pesan singkat pada wartawan, Kamis 15 Februari 2018.

Ia mengatakan, kritik merupakan vitamin baginya. Sebab, bagaimana bisa tahu apa yang harus diperbaiki dari DPR kalau tidak ada kritik. Beda konteksnya dengan penghinaan, penistaan, pelecehan ataupun fitnah.

Seluruh Fraksi DPR Setuju Pimpinan MPR Ditambah Lewat Revisi UU MD3

"Sebagai mantan ketua Komisi III dan wartawan yang bekerja berdasarkan Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers, saya paham dan tahu persis, mana kritik, mana penghinaan dan fitnah," kata Bamsoet.

Menurutnya, tidak perlu menjadi anggota DPR dulu untuk mempidana orang yang melakukan penghinaan, penistaan, pelecehan atau fitnah terhadap diri sendiri. Kalau memenuhi unsur (delik), maka bisa langsung lapor ke penegak hukum sebagaimana diatur dalam KUHP/KUHAP.

Komisi II: Beri Sanksi Kepala Daerah yang Abaikan UU Pilkada

"Penghinaan, penistaan, pelecehan dan fitnah adalah delik aduan," kata Bamsoet.

 Ketua Panitia Kerja Revisi UU MD3 Totok Daryanto

DPR dan Pemerintah Sepakat Revisi UU MD3

Selanjutnya disahkan jadi UU.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2019