Sah, Utut Adianto Mulai Jadi Wakil Ketua DPR

Pelantikan politikus PDIP Utut Adianto jadi Wakil Ketua DPR.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA – Mahkamah Agung (MA) melantik Wakil Ketua DPR dari Fraksi PDIP Utut Adianto. Utut menjadi pimpinan DPR hingga 2019. Pelantikan dilakukan dalam paripurna DPR.

Utut Adianto Deg-degan Pidato Perdana di PKS, Sindir PDIP Tak Punya Aturan Pilih Ketua Umum

Sebuah meja kecil telah diletakkan di depan ruang sidang paripurna. Lima pimpinan DPR lain telah berbaris menyaksikan pengucapan sumpah.

Ketua MA, Hatta Ali memimpin pengucapan sumpah didampingi rohaniawan. "Sumpah yang akan saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara," kata Hatta di hadapan Utut dalam sidang paripurna di gedung DPR, Jakarta, Selasa 20 Maret 2018.

Jenderal Agus Subiyanto Calon Panglima, Utut Adianto Pimpin Panja Netralitas TNI

Hatta Ali pun mengucapkan sumpah yang kemudian diikuti Utut. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil ketu DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," kata Utut pada kesempatan yang sama.

Selanjutnya, Utut, rohaniwan, dan Ketua MA menandatangani berita acara penandatanganan sumpah. Selanjutnya, Utut disalami satu persatu oleh pimpinan DPR dan Ketua MA.

Legislator PDIP Usul Bentuk Panja Netralitas TNI di Pemilu 2024

Sebelumnya, DPR merevisi UU MPR, DPR, DPRD, dan DPD (UU MD3) untuk menambah kursi pimpinan DPR dan MPR. Kursi pimpinan DPR ditujukan untuk PDIP. Sementara, kursi pimpinan MPR ditujukan untuk PDIP, Gerindra, dan PKB.

Wasekjen PDI Perjuangan, Utut Hadianto di DPP PKS

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto, enggan berspekulasi soal belum juga terealisasinya pertemuan Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024