Jenderal Agus Subiyanto Calon Panglima, Utut Adianto Pimpin Panja Netralitas TNI

Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Jakarta - Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid menyampaikan pihaknya akan membentuk panitia kerja (Panja) untuk memastikan TNI di bawah kepemimpinan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto netral dalam seluruh tahapan Pemilu 2024. Status Agus Subiyanto disetujui Komisi I DPR sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

“Kita ada Panja dan beliau (Jenderal Agus) sudah sepakat untuk terbentunkya Panja Netralitas TNI,” kata Meutya.

Menurut dia, pembentukan Panja Netralitas TNI untuk Pemilu 2024 ini menjawab kekhawatiran semua pihak pasca Jenderal Agus Subiyanto dicalonkan sebagai Panglima TNI. Rekam jejam Agus belum lama ini baru dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada 25 Oktober 2023.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

“Kita buat khusus dan Insya Allah menepis kekhawatiran semua. Beliau sebelum fit and proper test sudah menyatakan siap, seluruh fraksi juga menyatakan siap untuk mengawal,” ujarnya.

Jenderal TNI Agus Subiyanto, Fit and Proper Test Calon Panglima TNI di DPR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Pun, menurut dia, Jenderal Agus juga sudah menyatakan secara tegas tanpa ada keraguan kepada TNI untuk hal netralitas pada Pemilu 2024. “Insya Allah pemilu akan netral,” jelas dia.

Lebih lanjut, Meutya menyebut pembentukan Panja Netralitas TNI dalam Pemilu 2024 sudah ditunjuk ketuanya dari Fraksi PDI Perjuangan, yakni Utut Adianto. Posisi Utut di Komisi I DPR juga sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR.

“Sudah sudah dibentuk kemarin rapat internal tanggal 8 November sudah dibentuk Panjanya. Kita sudah juga menetapkan ketuanya, nanti yang memimpin Pak Utut. Beliau berkenan untuk memimpin dan tentu dibarengi oleh seluruh pimpinan dan juga anggota Komisi I,” ujarnya.

Sebelumnya, Komisi I DPR menyetujui Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI menggantikan Yudo Margono yang bakal pensiun. Selanjutnya, persetujuan Agus Subiyanto akan disahkan dalam paripurna DPR.

Jenderal Agus merupakan Kepala Staf TNI AD (KSAD) yang diusulkan Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya