Prabowo Bagi-bagi Motor kepada Babinsa, Andika Perkasa Ingatkan Hal Ini

Mantan Panglima TNI Andika Perkasa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Jakarta - Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud MDAndika Perkasa, memberikan komentar terkait Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang membagi-bagikan sepeda motor untuk Babinsa di Papua beberapa waktu lalu. 

Ditinggal Nasdem dan PKB Merapat ke Prabowo, Anies: Kita Masih Jalan Sama-sama Kok

Menurutnya, hal itu sah-sah saja dilakukan karena merupakan hal positif untuk mendukung sarana transportasi Babinsa di Papua.

"Itu kan merupakan dukungan kesejahteraan sarana transportasi kepada Babinsa, itu bagus karena memang sangat banyak kurangnya," kata Andika Perkasa di Media Center TPN Ganjar-Mahfud di Rumah Cemara, Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Pasca Kalah Pilpres, Anies Baswedan Belum Terpikir Masuk Partai Politik

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Papua

Photo :
  • Istimewa

Namun, Andika mengingatkan pemberian sepeda motor itu tidak ada kepentingan lain, apalagi menyangkut pribadi. "Tapi apakah kemudian itu dianggap sebagai hadiah yang ada hak dan kewajiban, artinya dia setelah menerima ada tuntutan lain, itu yang menurut saya diharapkan," katanya.

Timnas Amin Bubar, Syaugi Alaydrus: Mudah-mudahan Bisa Bertemu Lagi untuk Berjuang

Di sisi lain, Andika mengatakan seluruh Babinsa sudah dapat memahami tugas negara yang harus dijalankan dan dipatuhi. Ia juga meminta masyarakat selalu mengawasi netralitas Babinsa.

"Jadi, itu saya yakin itu tidak akan berdampak kepada apakah pemberian itu kemudian ada kewajiban tanda petik lain secara pribadi," sambungnya.

Prabowo Subianto menyerahkan 1.270 unit sepeda motor dinas untuk membantu tugas Babinsa di Papua pada 10 November 2023. Penyerahan ribuan motor oleh bakal calon presiden RI itu dilakukan di Kodim 1710/Mimika, Timika, Papua.

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Photo :
  • Dok. VIVA

Ketua Umum Partai Gerindra ini bakal memberikan secara bertahap sekitar 75.000 unit motor dinas berbahan bakar minyak (BBM) maupun listrik untuk Babinsa di seluruh Indonesia.

"Ini untuk Babinsa seluruh Indonesia, bertahap. Babinsa seluruh Indonesia akan dapat motor. Kita coba sebagian motor mungkin di berbagai tempat adalah motor listrik," kata Prabowo.

Menurut dia, bantuan sepeda motor listrik yang bakal diberikan ini merupakan produk karya anak bangsa buatan Indonesia seperti PT LEN dan PT Pindad. “Kita sudah berhasil membuat motor listrik, nanti akan kita bagikan juga," ujarnya.

Saat ini, kata Prabowo, penggunaan kendaraan listrik sebagai upaya menuju energi hijau dan terbarukan untuk mengurangi polusi udara, dan dari segi biaya jauh lebih efektif.

“Karena itu yang kita harapkan nanti di tempat-tempat tertentu pakai tenaga surya. Jadi, charger itu pakai tenaga surya, supaya nanti kebutuhan BBM kita terjangkau oleh seluruh unsur," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya