Bambang Soesatyo: DPR Zaman Now Kinerjanya Harus Ngebut

Ketua DPR Bambang Soesatyo .
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Kekosongan kursi pimpinan di beberapa lembaga negara membuat kinerja pemerintahan tidak berjalan dengan lancar. Untuk itu Ketua DPR meminta pimpinan komisi dan pimpinan alat kelengkapan dewan untuk mempercepat proses pemilihan.

Buka Sidang Paripurna, Bamsoet Pantun Sindir Elite Politik

Diketahui, saat ini DPR belum juga melakukan tes terhadap Komisioner KPPU, Gubernur Bank Indonesia (BI), Deputi Gubernur BI, anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Hakim Ad Hoc Hubungan Industrial di Mahkamah Agung.

"Saya sudah minta kerja sama dari pimpinan Fraksi, pimpinan komisi dan pimpinan alat kelengkapan dewan lainnya menggerakkan anggotanya di Komisi terkait agar mempercepat proses pemilihan berbagai posisi penting di beberapa lembaga negara. Kita targetkan pemilihan bisa selesai secepatnya,” ujar Bambang di Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018.

Bamsoet: Pelayanan Pajak Harus Lebih Cepat dan Mudah

Bambang menambahkan, pemilihan komisioner KPPU menjadi prioritas mendesak yang harus diselesaikan DPR.

Itu lantaran masa jabatan komisioner KPPU yang seharusnya sudah berakhir pada 27 Februari 2018 sudah diperpanjang oleh Presiden Jokowi sampai 27 April 2018.

Ketua DPR Sarankan Kabinet Baru Beri Ruang untuk Generasi Muda

Dia juga mendorong Komisi XI agar segera melakukan fit and proper test terhadap Perry Warjiyo (Deputi Gubernur BI) yang diajukan Presiden Jokowi menjadi Gubernur BI.

"Sejalan dengan pencalonan Pak Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI, Komisi XI juga akan melakukan fit and proper test terhadap 3 calon pengganti beliau sebagai Deputi Gubernur BI. Mudah-mudahan dapat dilaksanakan dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata dia.

Menurutnya, menghadapi berbagai agenda penting pemilihan pimpinan di berbagai lembaga negara tersebut, dia menegaskan semua proses pemilihan harus berlangsung transparan dengan mengedepankan asas profesionalitas dan kredibilitas.

Pemilihan menurutnya tak perlu berlarut-larut sehingga tidak terjadi kekosongan pimpinan di berbagai lembaga negara.

"DPR zaman now speed kinerjanya harus ngebut. Jangan sampai ada kesan DPR mengulur waktu dan lambat menjalankan tugas. Saya mohon dukungan masyarakat agar DPR dapat menjalankan tugasnya dengan cermat, tepat, dan kilat," ucap dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya