Cak Imin: Ada yang Salah dari Revolusi Mental Jokowi

Presiden Jokowi bertemu Muhaimin Iskandar di Istana Negara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengkritik agenda revolusi mental yang dicanangkan Jokowi ketika Pilpres 2014. Ia menilai karakter keumatan Indonesia lembek dan cengeng.

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

"Pemahaman konseptual yang terus harus digali, dikaji, dikembangkan. Termasuk bagaimana kok pembangunan kita lamban, kenapa karakter Indonesia kita lembek, kenapa karakter keumatan kita cengeng, kenapa karakter pemahaman keagamaan kita dangkal," kata Cak Imin di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 19 April 2018.

Ia pun mempertanyakan kenapa Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim tak bisa meroket dengan cepat. Ia menilai karena ada yang salah.

Parpol Anggota KIM Tak Perlu Risau dengan Pertemuan Prabowo-Cak Imin, Kata Elite PKB

"Sebenarnya tema yang diambil oleh Pak Jokowi dan pemerintahan yang kami dukung sejak 2014 adalah revolusi mental. Maka ada yang salah dalam pelaksanaan program revolusi mental ini," kata Cak Imin.

Menurutnya, ada hal yang belum dilaksanakan padahal itu mudah. "Oke enggak apa-apa, kami tunggu saja, kami yang akan menyempurnakan, memperbaiki kelemahannya," kata Cak Imin.

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

Sebelumnya, setelah mendeklarasikan nama Jokowi dan dirinya sebagai pasangan capres-cawapres 2019, Cak Imin mengungkap kekurangan dari implementasi program nawacita dan revolusi mental yang menjadi andalan Jokowi. Dia menyebut program itu selama ini berjalan terseok-seok.

Politikus yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR itu membeberkan setidaknya dua faktor. Pertama kurang dikaitkan dengan basis ideologi yang dibangun Bung Karno yakni Marhaenisme. Kedua, umat Islam terbelah dan seolah-olah berhadapan dengan non Islam. (ase)

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2024

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Pengamat menilai masuknya PKB memperkuat politik Islam dalam pemerintahan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024