Survei: Cagub Jagoan Gerindra Salip Ridwan Kamil

Cagub dan Cawagub Jawa Barat, Sudrajat (kiri) - Ahmad Syaikhu (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA – Lembaga survei Indonesia Development Monitoring (IDM) merilis hasil survei terbaru tingkat tingkat popularitas dan elektabilitas empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jawa Barat 2018. Dari hasil survei, duet Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi nangkring di posisi pertama.

'Akan Istikharah', Kode Keras Iwan Bule Siap Maju di Pilkada Jabar

Pasangan Deddy-Dedi meraih tingkat popularitas dengan persentase 83,2 persen. Di posisi kedua secara mengejutkan duet Sudrajat-Ahmad Syaikhu dengan 80,5 persen. Kemudian, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dengan 78,4 persen. Lalu, pasangan yang diusung PDIP yaitu TB Hasanudin-Anton Charliyan 72,3 persen.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari wawancara responden di tiga daerah di Jawa Barat yaitu Pantura, Periangan dan Pamalayon. Sedangkan untuk tingkat elektabilitas, pasangan Sudrajat-Syaikhu menunjukkan tren positif bahkan menyalip lawan berat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

Ridwan Kamil Teratas, Airin-Desy Ratnasari Kejutan di Pilkada Jabar

Cagub dan Cawagub Jawa Barat, Ridwan Kamil (kiri) dan Uu Ruzhanul Ulum (kanan)

Cagub dan cawagub Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

Untuk wilayah Pantura, tren elektabilitas Sudrajat-Syaikhu yang diusung koalisi Gerindra, PKS, dan PAN ini disebut paling moncer dibandingkan calon lain dengan persentase 31,2 persen. Selanjutnya, disusul paslon Deddy-Dedi 26,3 persen, TB Hasanuddin-Anton 20,7 persen. Sedangkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 11,3 persen.

"Sedangkan di Priangan, hasilnya Sudrajat-Syaikhu unggul meraih 35,6 persen, RINDU 25,3 persen, Hasanah 10,7 persen, 2DM 16,3 persen," ujar Direktur Eksekutif IDM, Bin Firman Tresnadi dalam keterangan persnya, Rabu, 25 April 2018.

Sedangkan di wilayah Pamalayon, elektabilitas Sudrajat-Syaikhu mencapai 33,3 persen, Deddy-Dedi 21,6 persen, TB Hasanudin-Anton 19,4 persen. Sementara, Ridwan Kamil-Uu berada dalam posisi buncit mencapai 17,6 persen.

"Faktor yang menyebabkan Sudrajat-Syaikhu unggul dalam survei kali ini adalah representatif dari orang 'Priangan-Cirebonan'. Basic Sudrajat sebagai orang Sumedang dan Syaikhu dari Cirebon menjadi faktor utama pilihan responden," katanya.

Firman menambahkan, sosok agamais keduanya menjadi penguat masyarakat di tiga daerah tersebut memilih Sudrajat-Syaikhu. Bahkan, branding Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jawa Barat yang memenangkan Ahmad Heryawan di Pilgub Jabar 2008 dan 2013, menjadi perhitungan masyarakat.

"Partai ini telah teruji dan cukup mengakar, terutama di Pamayon. Kemampuan PKS dalam memaksimalkan kerja kader sangat sulit ditandingi partai-partai lain," jelasnya.

Survei tersebut dilakukan dengan memilih 2.178 responden dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Jawa Barat yang mencapai 31,7 Juta sejak Senin 2 April sampai dengan 15 April 2018. Survei menggunakan metode multistagte random sampling dengan margin of error sebesar -/+ 2,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya