Pakai Baju PDIP, Ruhut Sitompul Pindah Partai?

Ruhut Sitompul saat berkampanye untuk pasangan Djarot-Sihar di Pilkada Sumut
Sumber :
  • Instagram Djoss

VIVA – Politikus senior Ruhut Sitompul belakangan terlihat makin dekat dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Datangi DPP PDIP, Pentolan Barisan Celeng Siap Jelaskan Dukung Ganjar

Setelah statusnya di Partai Demokrat tak jelas, pendekatan Ruhut untuk menjadi kader partai berlambang 'banteng' itu kian kentara. Hal itu setelah dirinya mengikuti kampanye terbuka pasangan yang diusung PDIP di Pilkada Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus, Minggu 29 April 2018.

Bersama kader PDIP Trimedya Panjaitan dan Junimart Girsang. Ruhut ikut mengampanyekan pasangan itu dengan mengenakan kemeja berwarna merah dengan logo 'Banteng Moncong Putih' yang merupakan simbol  partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut.

Pengakuan Petugas Keamanan PDIP, Minta Harun Masiku Rendam Ponsel

"Aku kan PDI Perjuangan. Rumah ku juga. Ya namanya aku bersahabat sama Ibu Mega, ya bantu Djarot-Sihar. Kan aku orang merdeka," kata Ruhut kepada VIVA, Senin 30 April 2018.

Ruhut tak mengaku ataupun membantah bahwa dirinya telah resmi menjadi kader PDIP.

Petugas Kantor Hasto Kristiyanto Bersaksi di Sidang Suap KPU

Hanya saja, dia menyatakan, sejak lama keluarganya punya kedekatan dengan Partai Nasional Indonesia atau PNI. Lahirnya PDIP kata dia, tak lepas dari keterkaitan PNI. "Kita kan keluarga nasionalis. Waktu di DPR juga, biar gua (di luar PDIP) saat paripurna gua bela PDIP terus," ujarnya.

Ruhut Sitompul sebelumnya diberhentikan oleh Partai Demokrat dan dicopot keanggotaannya di DPR RI. Ruhut merupakan legislator dari daerah pemilihan Sumatera Utara yang cukup vokal atas pendapatnya semasa bertugas.

Sebelum di Demokrat, ia juga tercatat sempat menjadi Partai Golkar semasa kepemimpinan Ketua Umum Akbar Tandjung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya