Jokowi Unggul Survei karena Keliling, Prabowo Belum Bergerak

Pertemuan Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA – Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa Pilpres 2019 masih akan diikuti dua kandidat, Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Hasil survei menunjukkan, Jokowi unggul jauh dari Prabowo. 

Survei Indikator: Duet Ganjar-Erick Thohir Bisa Kalahkan Prabowo

"Hasil survei, Jokowi 60,6 persen sementara Prabowo (Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto) 29 persen dan yang menyatakan tidak tahu sebesar 10,4 persen," kata Direktur Eksekutif Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi di kantornya, Jakarta, Kamis, 3 Mei 2018.

Meski begitu, Burhanudin mengingatkan, tim Jokowi jangan terlalu senang, karena hasil survei ini masih sangat bisa berubah. Apalagi saat survei dilakukan, Prabowo belum berbuat apa-apa.

Prabowo Posisi Teratas Capres 2024 Versi Survei Indikator

"Dari hasil survei, perolehan Prabowo cukup besar, padahal belum ngapa-ngapain. Berbeda dengan Jokowi yang sudah muter-muter ke mana-mana," ujarnya.

Selain itu, Burhanudin mengungkapkan, survei ini dilakukan sebelum Prabowo dideklarasikan sebagai calon presiden.

Survei Indikator: 66 Persen Responden Puas Kinerja Jokowi, Kenapa?

"Kalau setelah deklarasi perubahannya Wallahu a'lam," katanya.

Burhanudin menambahkan, hasil survei kali ini tidak jauh beda dengan yang dilakukan lembaganya enam bulan lalu. Kenaikan dan penurunan kedua kandidat sangat tipis.

"Jokowi meningkat dari 58,9 persen pada September menjadi 60,6 persen pada Maret 2018. Prabowo turun dari 31,3 persen pada September 2017 menjadi 29,0 persen pada Maret 2018," katanya.

Sementara itu, survei kali ini dilakukan pada Maret 2018, dengan menggunakan 1.200 responden. Dipilih dengan multistage random sampling dengan margin of error ± 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya