Duet Jagoan PDIP Dinilai Jadi 'Penonton' di Pilgub Jabar

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat TB Hasanudin (tengah) - Anton Charliyan (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Perebutan takhta kursi pimpinan Jawa Barat diklaim hanya sengit untuk dua pasangan calon yaitu nomor urut satu Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dengan duet nomor empat Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. Duet jagoan PDIP yaitu Tubagus Hasanudin-Anton Charliyan dinilai hanya akan menjadi penonton.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Selain itu, duet yang diusung PKS, Gerindra, dan PAN yakni Sudrajat-Ahmad Syaikhu juga tak dilihat.

"Bukan kita mengecilkan, tapi dengan waktu yang relatif singkat rasanya mereka untuk mendekati pasangan nomor satu dan empat rasanya berat," ujar Ketua Pemenangan Tim Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul, Saan Mustopa di Bandung Jawa Barat, Minggu 10 Juni 2018.

Pencalonan Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi: Jangankan Maju, Mundur Saja Siap

Saan menyebut adanya anggapan kuda hitam dan manuver kejutan di menit akhir Pilgub Jabar di luar akal sehat. Bagi dia, dengan progres yang berjalan, pihaknya optimis akan memenangkan persaingan sengit melawan incumbent Deddy Mizwar.

"Yang jelas kita ingin pasangan Rindu di posisi menang. Bukannya kita under estimate, rasanya dengan waktu yang tersisa hanya keajaibanlah yang bisa mengimbangi pasangan nomor satu dan empat," lanjut eks politikus Demokrat tersebut.

Kata Dedi Mulyadi soal Maju Pilgub Jabar, Jadi Ketua RT pun Siap!

Saan menuturkan, persaingan sengit Ridwan Kamil dengan Deddy Mizwar akan berlangsung di beberapa titik. Kabupaten Bogor yang memiliki DPT paling besar, dipastikan menjadi pertaruhan bagi tim RINDU.

"Yang sengit itu, kalau berdasarkan peta dapil tentu di Jabar lima yaitu Kabupaten Bogor, karena posisinya imbang antara Rindu dengan Deddy-Dedi. Kemudian di Jabar tujuh yaitu Karawang, Purwakarta dan Bekasi, walaupun RINDU unggul, tapi masih splitnya 5 persen, jadi belum signifikan," katanya.

Pasangan calon gubernur dan wagub Jawa Barat nomor urut tiga Sudrajat (kiri)-Ahmad Syaikhu (kanan)

Untuk Bandung Raya, Saan mengklaim, sudah terkunci sebagai basis kemenangan Ridwan Kamil-Uu di Pemilihan Gubernur Jawa Barat.

"Di daerah kaya Bandung raya, RINDU menangnya cukup jauh, rasanya sudah cukup emosional, enggak mungkin kegerus oleh pasangan lainnya. Kita ingin bertarung itu di wilayah tiga yaitu Cianjur, Kota Bogor, Sukabumi, Kota Sukabumi ditambah dengan Utara, Subang, Majalengka Sumedang," jelasnya.

Baca: Duet Jagoan di Jabar Masih Posisi Buncit, PDIP Tetap Pede

Melihat perkembangan survei, lanjut dia, pihak nya optimis mempunyai kans kemenangan kuat meski grafik elektabilitas jagoannya naik turun dan bersaing sengit di beberapa wilayah dengan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

"Di survei pertama RINDU kalah, tapi sekarang kan rebond, sudah berbalik menang. Kita ingin tren ini terus dipertahankan, di 27 Juni mendatang trennya lebih jauh dengan pasangan nomor 4," sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya