Elite Golkar Dukung Amien Rais yang Siap Nyapres

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Manuver politikus senior, sekaligus Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional, Amien Rais siap maju nyapres menjadi sorotan. Namun, sikap politik Amien ini direspons positif oleh sebagian pihak.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Ketua DPP Golkar, Zainudin Amali mengatakan, sikap Amien Rais sebagai angin segar buat kontestasi serta pendewasaan proses demokrasi.

"Beliau tokoh politik senior yang sudah cukup makan asam garam dalam perpolitikan di Tanah Air. Saya meyakini, beliau masih punya banyak pendukung setia dan fanatik," ujar Amali kepada VIVA, Rabu 13 Juni 2018.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Menurut dia, Pilpres 2019 harus menjadi momentum yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pendukungnya Amien Rais. Ia melihat, tak ada masalah dengan keinginan Amien yang ingin maju nyapres.

"Dengan kepiawaian beliau, menurut saya tidaklah sulit untuk meyakinkan partai lainnya di luar PAN," sebutnya.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Bagi dia, Amien berpeluang juga mendapatkan dukungan dari Partai Gerindra atau Partai Keadilan Sejahtera.

Ia melihat, politik tak bisa ditebak. Apalagi, PKS dan Partai Gerindra punya kedekatan dengan Amien Rais.

"Dapat dukungan dari Gerindra dan PKS, yang selama ini sudah menjadi sahabat politik terdekat Pak Amien Rais," tutur Amien.

Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali (kiri).

Foto: Zainudin Amali

Sebelumnya, kesiapan Amien Rais maju nyapres diawali dengan pembicaraan terkait rencana pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN mendatang yang akan merekomendasikan beberapa nama kader partai dinominasikan maju ke Pilpres 2019.

Ia menyebut, selain dirinya, ada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, serta dua mantan Ketum PAN, yaitu Hatta Rajasa dan Sutrisno Bachir.

"PAN lewat rakernas yang dipimpin Pak Zul nanti, tidak akan berlebihan. Kita akan mencapreskan tokoh kita sendiri. Pertama Zulkifli Hasan, Hatta Rajasa, Sutrisno Bachir, dan terakhir Mbah Amien Rais," ujar Amien di sela acara buka puasa bersama di kediaman rumah dinas Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Sabtu 9 Juni 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya