Menang di Jabar Versi Quick Count, Ridwan Kamil: Kita Syukuri

Pasangan calon gubernur dan wagub Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil (kiri)-Uu Ruzhanul Ulum (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Sejumlah survei dengan hitung cepat atau quick count menyatakan keunggulan pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Menang versi quick count, Ridwan Kamil saat memberikan pidato ‘kemenangan’ dengan menyampaikan rasa syukur.

'Akan Istikharah', Kode Keras Iwan Bule Siap Maju di Pilkada Jabar

Pria yang akrab disapa kang Emil itu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu selama proses Pilgub Jabar. Dalam pidato ‘kemenangan’ ini, Emil didampingi sang istri, Atalia Praratya dan sejumlah elite parpol pendukung pasangan Rindu.

"Kepala semua yang dalam perjalanannya mensedekahkan kepada pasangan Rindu, kepada pemikiran yang mensedekahkan keringatnya untuk membela cita-cita melalui proses yang melelahkan tetapi mulia ini. Tidaklah cukup panggung ini untuk menampung, semua orang betul-betul yang saya tahu luar biasa," kata Emil di Bandung, Jawa Barat, Rabu, 27 Juni 2018.

Ridwan Kamil Teratas, Airin-Desy Ratnasari Kejutan di Pilkada Jabar

Dia menekankan saat ini adalah hari kebahagiaan merujuk quick count yang mendekati final. Bagi dia, dalam teori statistik melebihi atas 80 persen, maka tak akan ada perubahan yang signifikan. Meski belum resmi, namun harus disyukuri.

"Tentunya ini masih sementara. Kita syukuri, takbir sementara dengan sikap ketawadhuan kita. Dengan tentunya kita menzikirkan Subhanallah, Walhamdulillah, Wallahuakbar. Jangan lupa Istighfar, mungkin perjalanan ini sampai melukai orang lain, kita harus introspeksi. Pasangan Rindu harus menjalani penuh rasa tawadhu, kita haturkan permohonan maaf kepada siapapun," jelas mantan Wali Kota Bandung itu.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

Kemudian, ia meminta agar pendukungnya tak melakukan euforia berlebihan sampai ada pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia mengingatkan agar pendukung tak melakukan pawai karena sebaiknya tak mendahului pengumuman formal.

"Kita tidak boleh mendahului, kita ini orang yang santun, taat syariat, taat aturan. Meski dari ilmu survei, dan quick count, tapi belum resmi menjadi keputusan," sebutnya.

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Golkar cenderung mendorong Ridwan Kamil (RK) maju di Pilkada Jawa Barat ketimbang DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024