Akbar: Ketimbang JK, Airlangga Lebih Pas Jadi Cawapres Jokowi

Akbar Tandjung
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVA - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tandjung, mengatakan sosok Airlangga Hartarto lebih cocok jadi calon wakil presiden Joko Widodo untuk bertarung di Pemilihan Presiden 2019 mendatang daripada Jusuf Kalla. Pasalnya, jika dilihat dari konteks partai tentu pilihan lebih tepat ke Airlangga karena Airlangga kini Ketua Umum Golkar.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

"Ya kalau dalam konteks Golkar ya tentu yang formal berada dalam kepemimpinan Golkar kan Airlangga. Ya kalau mewakili Golkar ya Airlangga. Pak JK kan sudah lama enggak di Golkar," ujar dia di kawasan Jakarta Selatan, Kamis 26 Juli 2018.

Soal JK yang jadi pihak terkait gugatan masa jabatan presiden-wakil presiden, menurut dia MK melihat JK memenuhi legal standing hingga akhirnya kini gugatan diproses.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

"Konstitusi kita ya dua kali, tetapi ya memang dari pendapat-pendapat, pikiran-pikiran mengatakan bahwa memungkinkan lebih dari dua kali. Dengan semangat itulah maka mengajukan JR tetapi karena pada JR sebelum-sebelumnya tidak diterima karena tidak memiliki legal standing disinilah kehadiran Pak JK. Dia dianggap memenuhi legal standing karena memenuhi wapres," katanya.

Lebih lanjut ia menghargai jika JK mau mencalon lagi jadi cawapres bila gugatan yang dilakukan Partai Perindo itu putusannya diterima. Sebab, kata Akbar itu adalah hak konstitusional setiap warga negara.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

"Kalau dia meyakinkan memenuhi yang diamanatkan konstitusi, maka dia ikut dalam JR, tapi dia juga harus siap kalau seandainya MK mengatakan tidak. Dia harus menerima dan menjelaskan ke publik. Ikhlas. Kalau memungkinkan ya dia berhak maju. Tapi kita lihat apakah Pak Jokowi akan mengajak dia, tergantung juga liat nanti," ujar Akbar. (ren)

Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024