Eks Kapolda Jatim Pimpin Urunan Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf

Ketua Timses Jokowi-Ma'ruf wilayah Jawa Timur, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin.
Sumber :

VIVA – Tim Kampanye Daerah atau TKD Jawa Timur untuk Jokowi-Ma'ruf Amin dibuka di Bank Rakyat Indonesia Unit Kaliasin Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 20 September 2018. Langkah tersebut mengikuti Tim Kampanye Nasional yang mengumumkan rekening pengumpulan dana kampanye pada Rabu malam kemarin.

Survei PWS: Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi-Maruf Turun

Rekening dana kampanye Jokowi-Ma'ruf di Jatim bernomor 009601004022302 atas nama Tim Kampanye Provinsi Jokowi Maruf Amin Jawa Timur.

"Kami ingin pastikan bahwa politik dijalankan secara jujur dan tulus sebagaimana dilakukan Pak Jokowi selama ini," kata Ketua TKD Jatim, Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Machfud Arifin, di Surabaya, Jawa Timur.

Survei SMRC: Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Turun Jadi 68,5 Persen

Mantan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur yang baru pensiun itu menambahkan, pembukaan rekening tersebut juga wujud dari ketaatan tim Jokowi-Ma'ruf terhadap mekanisme pemilihan umum.

Dia mengatakan, dana kampanye yang terkumpul nantinya akan diaudit oleh auditor independen dan dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum.

Rocky Gerung Kritik Keras Eks Timses Jokowi Jadi Ketua Pansel KPU

Selain ke KPU, perolehan dana kampanye juga akan diinformasikan ke publik melalui media massa dan media sosial. Karena itu, Machfud memastikan bahwa dana yang terkumpul berasal dari sumber-sumber yang jelas dan ber-NPWP. "Pokoknya kita jamin semua pendanaan ini dari uang halal, agar semuanya berkah," ujarnya.

Mantan Kepala Divisi Teknologi Informasi Markas Besar Kepolisian RI itu optimistis banyak masyarakat di Jatim bergotong-royong menyumbangkan dana untuk kemenangan Jokowi-Ma'ruf, seperti Pemilihan Presiden 2014 silam.

"Masyarakat bakal urunan untuk mendukung beliau melanjutkan pengabdian, karena Indonesia masih butuh beliau," kata Machfud.

Optimisme Machfud tertanam karena melihat sosok Jokowi. "Kita tahu, Pak Jokowi berangkat dari nol, beliau merintis karir dari bawah, beliau adalah cerminan rakyat kita yang jujur dan sederhana. Publik pasti akan membantu Pak Jokowi," terangnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya