Ketua DPR: Taufik Kurniawan Belum Perlu Mundur

Wakil Ketua DPR dari PAN, Taufik Kurniawan
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVA – Ketua DPR Bambang Soesatyo memegang azas praduga tak bersalah terkait penyematan status tersangka kasus suap oleh KPK atas Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Meski menyerahkan posisi Taufik pada fraksi PAN, politisi Golkar yang akrab dipanggil Bamsoet itu menilai Taufik belum perlu mundur dari kursi pimpinan DPR.

KPK Eksekusi Politikus PAN Sukiman ke Lapas Sukamiskin

"Kami hanya berharap seluruh pihak mengedepankan azas praduga tak bersalah. Saya harapkan beliau bisa tetap hadir dan aktif di DPR dan tak perlu mundur sambil melaksanakan proses hukum yang berjalan," kata Bamsoet di gedung DPR, Jakarta, Rabu 31 Oktober 2018.

Ia memastikan akan bertanya pada Fraksi PAN soal posisi Taufik sebagai Pimpinan DPR. Tapi Pimpinan DPR kini dalam posisi pasif bergantung pada fraksi.

KPK Ungkap 184 Anggota DPRD Terjerat Korupsi

"Kami dalam posisi yang pasif tergantung Fraksi PAN. Kan belum ada putusan tetap. Aturan kita kan tetap. Tergantung pada partainya atau fraksinya. Kami serahkan sepenuhnya," kata Bamsoet.

Meski begitu, ia menyadari lembaganya terus berusaha meningkatkan citra DPR. Mantan jurnalis itu menyerahkan pada proses hukum yang sedang berjalan. 

Legislator PAN Sukiman Divonis 6 Tahun Penjara

"Kami di dalam pimpinan sebagai kolega Pak Taufik kaget dan prihatin dan mendoakan beliau bisa menjalankan proses hukum, sabar, tabah, dan cepat selesai," kata Bamsoet. (ren)

52 Eks Napi Korupsi Daftar Jadi Caleg DPR RI

INFOGRAFIK : 52 Eks Napi Korupsi Daftar Jadi Caleg DPR RI

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) merilis bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang pernah terjerat kasus korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2023