Jokowi Ajak Relawan Pengusaha Muda Hijrah

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) menghadiri deklarasi Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) untuk Jokowi-Ma'ruf Amin. Acara dilangsungkan di Hotel Fairmont Jakarta, Sabtu, 3 November 2018.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jokowi hadir untuk mendeklarasikan Repnas sebagai pengusaha yang mendukung calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01.

Dalam sambutannya, Jokowi mengaku dirinya seperti kembali mengenang saat dirinya masih muda dan menjadi seorang pengusaha.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Ketika saya masuk ke ruangan ini. Saya ingat waktu masih jadi pengusaha tapi masih umur umur 30-an. Waktu masih di HIPMI Solo semangatnya sama seperti yang tadi," kata Jokowi di Fairmont Hotel, Jakarta, Sabtu, 3 November 2018.

Menurut dia, seorang pengusaha harus pandai memanfaatkan peluang sekecil apapun dalam bisnisnya. Pengusaha, kata Jokowi, harus bisa melihat sesuatu yang tak punya nilai menjadi sesuatu yang berharga.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Jokowi menilai ada perbedaan karakter bagi pengusaha muda sekarang dengan pengusaha muda pada eranya. Mantan Wali Kota Solo ini mengaku, bahwa pengusaha muda sekarang lebih cepat ekspansi bisnisnya.

"Sekarang ini pengusaha muda sangat cepat sekali pergerakannya 2-3 tahun sudah jadi miliarder," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengajak para pengusaha muda di Indonesia untuk terus menjunjung tinggi rasa optimisme terhadap perekonomian dan juga persatuan.

"Saya mengajak kita mari utamanya anak muda pengusaha muda hijrah dari pesimis ke optimisme dari konsumtif ke produktif. Dari marah marah ke sabar. Sabar tapi kerja keras ciri-ciri HIPMI di situ. Hijrah dari yang seneng perpecahan ke yang senang persatuan. Yang senangnya monopoli senang kompetisi. Terakhir hijrah individualistik ke kolaborasi," katanya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya