TKN Jokowi-Ma'ruf: Penculikan Aktivis bukan Isu Musiman

Taufik Basari
Sumber :
  • Dokumentasi Pribadi Taufik Basari

VIVA – Tim Kampanye Nasional atau TKN Jokowi-Ma'ruf menegaskan, kasus penyelesaian HAM masa lalu yang salah satunya mengenai penculikan aktivis, bukanlah isu musiman saat pemilihan presiden.

Prabowo: Tidak Boleh Ada Anak Menangis karena Kelaparan

Anggota TKN, Taufik Basari menyampaikan, sederet kasus yang terjadi pada masa lalu, merupakan tuntutan yang terus digaungkan, bukan hanya sekadar ditanyakan lima tahun sekali. 

Tujuannya adalah, agar publik juga mengetahui komitmen dari tiap pasangan calon presiden dalam penuntasan kasus dan agenda program kerjanya ke depan yang terkait hak azasi. 

Dasco Ungkap Kabar Terbaru soal Ide 'Presidential Club' yang Ingin Dibentuk Prabowo

"Kasus penculikan atau penghilangan paksa para aktivis, umpamanya ini harus hadir dalam debat. Begitu pula kasus 65, penembakan misterius, Tanjung Priok, dan Talangsari, juga menjadi bagian yang harus ditanyakan kepada capres dan cawapres mengenai komitmen penuntasannya, agar masalah pelanggaran HAM masa lalu ini tidak menjadi mengambang dan beban bagi generasi penerus," kata Taufik ketika dikonfirmasi, Kamis 17 Januari 2019. 

Taufik mengutarakan, sebagai mantan aktivis 98, dirinya mengetahui bahwa kasus penculikan bukan hal yang bisa dianggap sepele. Kasus penculikan saat itu, terkait dengan perampas kemerdekaan disertai penyiksaan.

Prabowo: Beri Saya Waktu 4 Tahun untuk Sejahterakan Rakyat Indonesia

Bahkan, hingga masih ada sejumlah korban yang tak diketahui nasibnya setelah diculik.

"Menurut saya, Prabowo bisa memulai dengan memberi penjelasan mengenai bagaimana kita bisa menemukan korban yang belum kembali hingga saat ini," kata Taufik.

"Ada atau tidak pemilu dan pemilihan Presiden, isu ini terus diperjuangkan para korban dan aktivis HAM, karena ini adalah tanggung jawab negara untuk menuntaskannya,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, Priyo Budi Santoso mengatakan bahwa pertanyaan apapun yang akan ditanya kepada dua jago pasang mereka akan siap diladeni.

Priyo menegaskan, dari kubu Prabowo-Sandi tidak akan menanyakan hal yang bersifat personal. Pihaknya akan fokus pada substansi visi misi capres dan cawapres. 

Priyo menyatakan, pihaknya juga telah siap menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disebutnya isu musiman. 

"Bisa saja ditanya soal pelanggaran HAM, akan ditanya soal apapun, natural akan dijawab. Termasuk, pertanyaan musiman itu, setiap musim Pemilu pasti muncul. Jika muncul lagi, kami sudah siapkan jawaban karena problematika itu sudah clear," kata Priyo, hari ini. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya