Tebak-tebakan Wajah Baru dan Lama Menteri Jokowi

Presiden Joko WIdodo, Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan mengumumkan nama-nama menteri barunya kepada publik pada hari ini Senin 21 Oktober 2019. Kabarnya, ada wajah baru yang bakal membantu Pemerintahan Jokowi untuk periode 2019-2024.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Tapi, Jokowi masih merahasiakan siapa saja wajah baru yang akan menjadi menteri untuk lima tahun ke depan. Menurutnya, ada juga menteri lama pada periode pertama 2014-2019 yang tetap membantu Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Yang pasti ada orang lama dan banyak juga wajah baru,” kata Jokowi seperti dilansir dari VIVAnews, Senin, 21 Oktober 2019.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Lalu, Jokowi mengatakan nama-nama menteri tersebut akan diumumkan pada Senin 21 Oktober 2019. Karena, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja pertama ke Negeri Matahari Terbit menghadiri penobatan Kaisar Jepang mewakili Jokowi.

“Dikenalkan Senin pagi,” ujarnya.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada Minggu 20 Oktober 2019, Jokowi sempat memberikan bocoran menteri yang untuk periode 2019-2024 lewat akun instagramnya pada Kamis 17 Oktober 2019.

Menurutnya, susunan kabinet sudah rampung tapi masyarakat harus sabar menunggu nama-nama menteri baru. Tentu, menteri-menteri yang dipilih dari berbagai profesi termasuk TNI dan Polri. Sebab, mudah bagi Jokowi untuk mencari nama-nama menteri periode kedua nanti.

Jokowi menilai Indonesia tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, serta bersedia untuk mengabdi kepada bangsa.

“Mereka semua terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi; akademisi, politisi, santri juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka,” kata Jokowi.

Belakangan isu nama-nama calon menteri beredar ke publik, apalagi ketika ada pertemuan antara Jokowi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka beberapa waktu lalu.

Diketahui, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah menyetorkan sejumlah nama kepada Presiden Jokowi memilih menteri untuk periode lima tahun mendatang. 

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto meminta publik menunggu Presiden Jokowi mengumumkan para pembantunya yang baru, termasuk dari kalangan profesional atau dari internal partainya dan koalisi.

"Tunggu saja, tunggu pengumuman dari Pak Presiden ya. Nama-nama sudah diserahkan sama Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto usai pelantikan Jokowi - Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya