Lagi, Anggota Dewan Banyak yang Bolos di Paripurna DPR

Ilustrasi sidang Paripurna DPR.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kembali menggelar Rapat Paripurna Masa Sidang I Tahun Sidang 2019-2020 pada Kamis pagi 29 Agustus 2019. Rapat dimulai sekira pukul 10.50 WIB di Ruang Paripurna Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Kelangkaan Minyak Goreng, Komisi 6 DPR: Rantai Pasok Rusak

Rapat dipimpin oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dengan didampingi para Wakil Ketua DPR seperti Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Namun, lagi-lagi paripurna kali ini terlihat cukup banyak anggota DPR yang tidak hadir.

Berdasarkan perhitungan di ruang rapat paripurna, tercatat anggota yang hadir hanya 99 orang. Padahal, jumlah anggota DPR sebanyak 560 orang.

Pimpinan DPR Belum Izinkan RUU TPKS Dibahas saat Reses, Ini Alasannya

Kursi-kursi yang telah disiapkan untuk para anggota DPR banyak kosong. Namun, dalam rapat ini Sekretariat Jenderal DPR yang bertugas memerhatikan absensi anggota tidak menyebutkan jumlah absensi kehadiran peserta rapat.

Meski begitu, rapat tetap berjalan seperti biasanya. Rapat dipastikan berjalan karena disebut sudah kuorum.

DPR Minta Pemerintah Tak Naikan Harga BBM Bersubsidi

Paripurna kali ini mengagendakan pembacaan pidato Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) DPR RI ke-74. Selain itu, dalam rapat ini juga dilakukan penyampaian laporan kinerja DPR RI selama tahun sidang 2018-2019.

Bukan pada hari ini saja rapat paripurna DPR RI banyak yang tidak hadir. Pada Kamis 22 Agustus 2019 lalu juga peristiwa serupa terjadi.

Adapun paripurna pekan lalu, berdasarkan perhitungan kepala di lokasi hanya ada sebanyak 55 anggota DPR yang hadir. Kelakuan anggota DPR selalu berulang setiap masa bakti akan berakhir dengan tak aktif ke parlemen termasuk ikut paripurna.

Seperti diketahui DPR periode 2014-2019 berakhir pada 30 September 2019. Sementara, anggota DPR periode 2019-2024 akan dilantik resmi pada Selasa, 1 Oktober 2019. [mus]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya