Salim Said Jagokan Pendiri Universitas Pertahanan Jadi Menhan

Guru Besar Universitas Pertahanan, Salim Said
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Jelang pelantikan Jokowi sebagai Presiden periode 2019-2024, terus bermunculan harapan komposisi kabinet menteri. Meski menjadi hak prerogatif Jokowi selaku Presiden, ada saran agar menteri yang dipilih adalah figur berkualitas.

Keturunan PKI Bisa Jadi TNI, Ini Saran Salim Said ke Panglima Andika

Pengamat militer senior Salim Said berharap figur yang menempati Menteri Pertahanan merupakan sosok yang paham persoalan sektor ketahanan negara. Ia pun menyebut nama pendiri Universitas Pertahanan, Letjen TNI (Purn) Prof Syarifudin Tippe sebagai figur yang layak menduduki posisi Menhan.

Salim begitu mengenal Tippe sebagai akademisi yang punya latarbelakang militer. Salah satunya, eks Pangdam Sriwijaya itu pernah menjabat Rektor Universitas Pertahanan.

Sambangi Arab Saudi, Menhan Prabowo Disambut Putra Raja Salman

"Kalau kandidatnya Jenderal Tippe, saya doakan dan saya dukung, Indonesia akan lebih baik jika punya Menhan sekelas beliau,” kata Salim Said dalam keterangannya, Kamis, 3 Oktober 2019.

Dia menambahkan keunggulan Tippe lain adalah sosok yang punya jaringan luas. Kemampuan lobinya juga punya kelebihan. "Paham strategi pertahanan dan bela negara juga seorang akademisi yang terbiasa berpikir komprehensif. Jadi baguslah kalau beliau dipilih Pak Jokowi jadi Menhan,” jelasnya.

Prabowo Sebut Belum Tentu Maju Pilpres, Begini Kalimatnya

Kemudian, ia bicara terkait politik pertahanan Indonesia ke depan. Sebagai negara dengan wilayah yang luas, RI harus memiliki kekuatan dalam pertahanan.

Figur Menhan harus punya pemahaman alat utama sistem pertahanan atau alutsista yang modern. Kemampuan membangun industri pertahanan yang lengkap juga harus menjadi kriteria Menhan.

Selain itu, Menhan mesti punya kemampuan lebih dalam intelijen. Komunikasi yang dekat tiga matra TNI harus aktif dibangun. Beberapa faktor itu menurutnya menjadi hal penting agar RI tak bisa dianggap remeh oleh negara lain. "Saya rasa jenderal Tippe punya kemampuan itu,” kata Salim.
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya