Usai Dilantik Jadi Pimpinan DPR Belum Nongol, Kemana Cak Imin?

Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar atau Cak Imin belum terlihat di parlemen usai dilantik sebagai salah satu pimpinan wakil rakyat. Cak Imin juga tak tampak saat Ketua DPR Puan Maharani dan tiga Wakil Ketua DPR lainnya keliling komplek parlemen.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Ketua Fraksi PKB di DPR, Cucun Syamsurizal menjelaskan posisi Cak Imin yang kerap tidak hadir dalam rapat-rapat dan pertemuan di DPR paska dilantik. Ia memastikan hal itu bukan karena ketidakharmonisan antar pimpinan.

"Enggak ada (ketidakharmonisan antar pimpinan), kata siapa. Bukan faktor itu," kata Cucun di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa 8 Oktober 2019.

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Ia beralasan Cak Imin memiliki kesibukan. Menurutnya, Cak Imin juga sudah memperhitungkan jika tak hadir ke Senayan.

"Beliau punya kesibukan menghitung apa, agendanya kalau tidak terlalu urgent atau tidak terlalu esensi buat jalannya kinerja, bisa di-handle yang lain. Kalau keputusan bersama-sama," kata Cucun.

Parpol Anggota KIM Tak Perlu Risau dengan Pertemuan Prabowo-Cak Imin, Kata Elite PKB

Dia menambahkan Cak Imin sebagai Ketua Umum DPP PKB juga masih mempersiapkan Surat Keputusan dan lainnya. Sebab, PKB usai melaksanakan muktamar pada September 2019 lalu.

"Persiapan menghadapi pilkada, karena rapat-rapat di DPP jalan terus juga kita. Beliau di DPP ada, ya kan itu tidak terlalu teknis, hanya memantau ruangan. Beliau lebih ke tugas fungsi DPR beliau nanti jalankan," kata Cucun.

Terkait Cak Imin saat sebagai pimpinan MPR yang juga jarang terlihat hadir, ia beralasan agenda MPR tak sesibuk DPR. Ia menjamin eks MenterI Tenaga Kerja itu pasti akan lebif aktif sebagai Wakil Ketua DPR.

"Kalau sekarang kan jelas fungsi beliau di korkesra kan. Pasti yang membawahi komisi-komisi bidang kesra itu akan terus dipantau dan disikapi apa nanti pointer-poiter yang harus dilakukan bersama pimpinan AKD yang di komisi di bawah beliau," kata Cucun.

Para pimpinan DPR RI sudah dilantik menjadi Wakil Ketua DPR RI sejak Selasa, 1 Oktober 2019. Tapi, Cak Imin belum juga terlihat dalam sejumlah rapat atau pun agenda DPR.

Diantaranya Cak Imin tak hadir dalam rapat konsultasi pengganti badan musyawarah soal rumah dinas dan ruang kerja anggota DPR RI. Lalu, ia juga tak hadir dalam rapat soal alat kelengkapan dewan dan komisi.

Kemudian, hari ini para pimpinan DPR RI lengkap tanpa Cak Imin mengelilingi kompleks parlemen. Dalam pembagian tugas Wakil Ketua DPR periode 2019-2024, Cak Imin membidangi persoalan kesejahteraan rakyat. (lis)
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya