DPR Segera Gelar Fit and Proper Test Calon Kapolri Idham Aziz

Wakil Ketua Umum Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur

VIVA – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menanggapi soal usulan Komjen Idham Aziz sebagai calon Kapolri pengganti Tito Karnavian. Ia mengatakan alat kelengkapan dewan seperti komisi akan ditetapkan pekan ini.

Momen Haru, Mantan Kapolri Bertemu Adhi Makayasa Akpol 2023

"Fit and proper test kapolri karena surpresnya sudah diterima oleh DPR. Dan, insya Allah hari ini, paling lambat besok itu komisi, kalau sudah siap nanti Pak Aziz sebagai ketua bidang korpolhukam sore atau besok akan menetapkan komisi," kata Dasco di kompleks parlemen, Jakarta, Senin 28 Oktober 2019.

Ia menambahkan jika komisi sudah ditetapkan maka akan ada rapat pimpinan untuk membahas surpres kapolri. Lalu rapat badan musyawarah akan merapatkan agar diselenggarakan paripurna.

Sosok Jenderal Bintang 4 Polri, Ayah Irfan Urane Jebolan Akpol Adhi Makayasa 2023

"Yang isinya antara lain akan menugaskan komisi III untuk melakukan fit and proper test kapolri," kata Dasco.

Dia menjelaskan yurisprudensi lalu. Menurutnya, memang selalu hanya mengirimkan satu nama ke DPR. Bila tak ada sesuatu hal, ia menilai kemungkinan besar belum ada penolakan terhadap calon kapolri Idham Aziz.

Deretan Prestasi Irfan Urane, Lulusan Akpol Adhi Makayasa 2023 Anak Jenderal Bintang 4 Polri

"Saya enggak bisa mewakili seluruh DPR. tapi kalau menurut saya sosok Pak Idham Aziz itu saya pikir dari segi kapasitas kemudian angkatan, hasil kerja menurut saya sudah memenuhi kapasitas sebagai calon seorang kapolri," kata Dasco.

Ia menjelaskan dalam fit and proper test akan didalami rekam jejak, hal yang sudah dilakukan, masalah yang akan dihadapi kapolri baru.

"Saya pikir tidak akan keluar dari situ fit and proper test yang dilakukan oleh teman-teman di komisi III," kata Dasco.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya