Gayus Lumbuun hingga Indriyanto Diusulkan Jadi Dewan Pengawas KPK

Mantan Hakim Agung Gayus Lumbuun
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Anggota Komisi III DPR Fraksi PPP, Arsul Sani, mengusulkan empat nama untuk diusulkan menjadi dewan pengawas KPK. Di antaranya Tumpak Hatorangan Panggabean, Indriyanto Seno Adji, Achmad Santosa, dan Gayus Lumbuun.

Hati-hati! Ada Ormas Pakai Nama Dewan Pengawas KPK

"Contohnya kalau dari orang yang pernah ada di KPK ada, Pak Tumpak Hatorangan Panggabean, kemudian ada Prof Indriyanto Seno Adji, ada juga Mas Achmad Santosa. Itu artinya memang latar belakangnya hukum atau penegak hukum. Kalau lain-lain yang juga disebut-sebut itu juga pak Gayus Lumbuun," kata Arsul di kompleks parlemen Senayan di Jakarta, Selasa 17 Desember 2019.

Menurutnya, nama-nama di atas patut dipertimbangkan. Ia pun mendapatkan informasi bahwa presiden meminta masukan dari berbagai tokoh masyarakat.

Novel Minta Dewas Tak Tutup Mata soal Pejabat KPK Main Kasus

"Tentu masing-masing tokoh menyebutkan satu dua nama dari lima nama yang akan diangkat itu. Saya belum tahu," kata Arsul.

Soal nama Yusril Ihza Mahendra yang juga disebut, ia menilai sebaiknya dewan pengawas tidak diisi untuk pertama kali dari orang yang masih aktif atau kalangan politisi yang belum terputus. Misalnya Gayus Lumbuun sudah tak menjadi politisi karena sekian tahun sudah menjadi hakim agung.

Dewas KPK Masih Proses Laporan Dugaan Kebohongan Lili Pintauli

"Kenapa seperti itu, supaya tidak ada tuduhan KPK, dipolitisasi atau ditunggangi politisi Parpol. Kecuali nanti periode kedua dan seterusnya dewan pengawasnya dipilih diangkat setelah melalui proses seleksi oleh Pansel," kata Arsul. (ren)

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Kembali Diproses Dewan Pengawas

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli dilaporkan ke Dewas terkait dugaan pembobongan publik saat konferensi pers.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022