Anies: HMI Bangun Jejaring Kuat

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVAnews/Mohammad Yudha Prasetya

VIVAnews - Himpunan Mahasiswa Islam hari ini, Rabu, 5 Februari 2020, memperingati hari kelahiran mereka yang ke-73 tahun. Banyak ucapan selamat yang diberikan sejumlah tokoh dan juga alumninya, salah satunya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Melalui akun Twitternya, @aniesbaswedan, Anies mengucapkan selamat merayakan hari lahir bagi salah satu organisasi mahasiswa terbesar di tanah air tersebut.

"HMI tidak hanya membangun manusianya, tapi membangun pribadi-pribadi yang bergerak sebagai sebuah jejaring kuat. Selamat Milad ke-73 HMI. #HMI73," tulis Anies, dikutip VIVAnews, Rabu, 5 Februari 2020.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

HMI didirikan oleh seorang mahasiswa bernama Lafran Pane pada 5 Februari 1947 di Yogyakarta. Segera setelah kelahirannya, HMI mampu menarik para mahasiswa khususnya yang beragam Islam untuk bergabung.

HMI merupakan organisasi kader. Dalam gerakannya, mereka tidak fokus pada jumlah massa atau anggota. Tapi lebih menitik beratkan pada pendidikan para kadernya, yang dimulai dari jenjang Latihan Kader I, II, dan III.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Selain itu, mereka juga memiliki banyak program pendidikan bagi para kader mereka seperti senior course, dalam rangka menyiapkan pemimpin-pemimpin bangsa dari kalangan mahasiswa terdidik yang bernafaskan Islam. Tidak heran jika lulusan organisasi dengan warna khas hijau hitam itu berhasil melahirkan tokoh-tokoh nasional yang berperan dalam bidangnya masing-masing.

Di jajaran kabinet saat ini, salah satu alumni HMI yang terkemuka adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia, Moh. Mahfud MD. Lalu ada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menpora Zainudin Amali, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan lain-lain.

Di luar mereka, alumni HMI yang sudah dikenal malang melintang di dunia politik tanah air adalah Akbar Tandjung dan juga Jusuf Kalla. Kemudian, ada pula Eggi Sudjana, Yusril Ihza Mahendra, Hamdan Zoelva, Arsul Sani, Soetrisno Bachir, dan tokoh-tokoh lain yang tersebar di berbagai bidang pengabdian masyarakat seperti pendidikan, hukum juga ekonomi.

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya