Unggul Jauh, Zulkifli Hasan Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum PAN

Zulkifli Hasan saat voting pemilihan calon ketua umum PAN
Sumber :
  • VIVAnews/Anwar Sadat

VIVA – Proses pemilihan ketua umum dalam Kongres V Partai Amanat Nasional telah selesai dilakukan. Pemilihan ketua umum dilakukan dengan metode pemungutan suara terhadap 568 pemilik suara yang terdiri dari kketua dan pengurus PAN dari tingkat pusat hingga daerah.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

Ada tiga calon ketua umum yang bersaing di dalam pemilihan ketua umum kali ini. Mereka adalah Mulfachri Harahap, Drajad Wibowo dan calon petahana Zulkifli Hasan.

Setelah penghitungan suara didapatkan hasil pemilik suara terbanyak adalah Zulkifli Hasan alias Zulhas, dengan perolehan 331 suara. Disusul dengan Mulfachri Harahap dengan perolehan suara sebanyak 225. Sedangkan Drajad Wibowo berada di urutan akhir karena hanya mengantongi 6 suara.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

Jumlah suara sah sebanyak 562, suara tidak sah sebanyak 3 suara. Suara tidak sah tersebut berasal dari sebagian yang masih memilih caketum Asman Abnur yang telah menyatakan tidak melanjutkan pencalonan dirinya.

Zulhas unggul sebanyak 106 suara dan berhak menjadi ketua umum PAN Periode 2020-2025.  Dalam proses pemilihan ketua umum ini hanya dilakukan satu putaran. Siapa pun yang memperoleh suara terbanyak, dialah yang berhak menjadi ketua umum.

PAN Diminta Usung Tokoh Islam Jadi Capres 2024

Diketahui, semula persaingan ketua umum PAN diikuti oleh empat orang kandidat, mereka adalah Zulkifli Hasan, Drajad Wibowo, Asman Abnur, dan Mulfachri Harahap. Namun Asman memilih tidak melanjutkan pencalonan dan memilih memberikan dukungan kepada Zulkifli Hasan.

Terkait dengan jumlah suara, semula diberitakan ada sebanyak 590 pemilik suara, tetapi ada 22 wilayah yang sedang mengalami sengketa kepengurusan sehingga dibatalkan hak suaranya, dan menyisakan 568 suara. Dari jumlah tersebut, terdapat 563 yang menggunakan hak suaranya. (ase)

Zulkifli Hasan

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diisukan bakal melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022