Natalius Pigai Posting Meme Jadi 'Captain America', Ada Apa?

Mantan Komisioner Komnasham, Natalius Pigai
Sumber :
  • Instagram Natalius Pigai

VIVAnews - Aktivis pembela Hak Asasi Manusia Natalius Pigai mengunggah sebuah foto atau meme dirinya yang tengah mengenakan kostum mirip tokoh fiksi Captain America di akun Twitternya, @NataliusPigai2. Dalam foto itu, dia terlihat menggunakan kostum berwarna merah, dengan variasi garis atau kotak biru dan putih di bagian perut, sarung tangan dan sepatu berwarna biru, serta tameng khas Captain America.

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

Keterangan di dalam foto itu tertulis "Saya pulang kampung untuk pimpin Papua karena kalian menyatakan tidak cocok hidup dengan monyet hitam ini - Natalius Pigai - Dukung referendum Papua Captain (simbol bintang) Kejora."

Dalam cuitannya, Natalius yang juga pernah menjadi Komisioner Komnas HAM itu menyebut-nyebut nama Hasto Kristiyanto. Dia mengaku tidak marah jika Hasto menuduhnya separatis dan menghalanginya menjadi gubernur. Namun di akhir kalimat, dia menyatakan mengutuk Hasto.

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

"Hasto Kristiyanto yth. Sy hy anak seorg Pamong Praja benteng NKRI di wilayah konflik & pembela org2 lemah, bukan maling penghianat NKRI, tetapi tdk marah jika anda tuduh Sy SEPARATIS utk batasi sy jadi Gub spt meme ini.  Dugaan ini krn sy tahu, org2mu itu org sy. Sy sdh kutuk Kau," tulisnya dalam cuitan tersebut, dikutip VIVAnews, Kamis, 13 Februari 2020.

Saat dikonfirmasi, Natalius mengatakan bahwa Hasto Kristiyanto yang dia maksud adalah Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Dia mengatakan meme itu dibuat oleh orang-orang Hasto.

PDIP Gugat KPU ke PTUN, Ganjar: Tugas Saya dan Pak Mahfud Berakhir Usai Putusan MK

Natalius menceritakan bahwa dia punya konflik dengan Hasto dan juga PDIP. Menurutnya, meme atau foto-foto yang berisi ejekan seperti itu muncul sekitar 2017 akhir, dan pada tahun 2018.

"Mereka tersinggung dengan saya," kata dia saat dihubungi VIVAnews.

Natalius lalu mengungkap setidaknya lima alasan Hasto dan PDIP tersinggung dengannya. Pertama dia menyebut Megawati primordialis karena mengirim Djarot Saiful Hidayat di Pilgub Sumut.

Dua, dia menyebut Megawati tidak mau tentara jadi gubernur Sumatera Utara. Tiga, PDIP ingin mengdongkel Lucas Enembe sebagai gubernur Papua. Empat, dia menulis artikel ketika Hasto menangis saat foto-foto Bupati Banyuwangi Azwar Anas berbau pornografi menyebar. Dan lima, dia mengatakan kalau Gerindra dorongnya jadi gubernur Papua, dia akan nolkan suara Jokowi.

"Foto-foto, meme-meme itu ada di Google, di online-online, ada jejak digitalnya. Banyak," kata Natalius saat ditanya soal meme 'Captain America' itu lagi.

2018/01/mesin-mobil-mogok.html

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya