Jokowi Enggak Punya Program 100 Hari, tapi Kok Ada Survei Kepuasan

Presiden Joko Widodo di PT PAL.
Presiden Joko Widodo di PT PAL.
Sumber :
  • Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA – Survei Indo Barometer merilis tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi yang mencapai 70,1 persen usai dilantik 20 Oktober 2019. Hasil survei ini menjadi keheranan bagi politikus Demokrat Roy Suryo.

Roy menyoroti salah satunya terkait perbedaan angka tingkat kepuasan yang jauh antara Jokowi dengan pendampingnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin

"Bagaimana pun presiden dan wakil presiden jangan terlalu jauh. Itu masalah dong. Yang satu tinggi. Jadinya, salah satu enggak bagus," kata Roy dalam acara Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne yang dikutip Selasa, 18 Februari 2020.

Roy menambahkan biasanya riset survei merujuk pihak pemesan. Namun, dalam survei juga mesti punya rujukan dari berbagai parameter. Misalnya, ia mengkritisi hasil survei Indo Barometer yang menyatakan responden puas terhadap kinerja Jokowi dari pembangunan infrastruktur.

Tapi, di sisi lain, ia mempertanyakan keberhasilan pembangunan infrastruktur itu untuk membantu mengangkat perekonomian masyarakat.

"Paling tidak harus melihat beberapa parameter itu. Infrastruktur apakah mengangkat ekonomi, apakah bisa? Infrastruktur maju tapi tidak sejalan dengan ekonomi," sebut Roy.

Kemudian, ia menambahkan jika mendapat pertanyaan dari sejumlah netizen terkait survei 100 hari Jokowi. Dari netizen itu banyak yang mempertanyakan hasil survei Indo Barometer.