2 Dekade Partai, Demokrat Beri Penghargaan ke SBY dan 34 Senior

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beri penghargaan ke SBY.
Sumber :
  • Dok. Demokrat

VIVA – Partai Demokrat kini sudah berusia dua dekade sejak didirikan 9 September 2001. Saat puncak acara peringatan dua dekade, Partai Demokrat memberikan deretan penghargaan untuk 35 tokoh senior partai termasuk Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

Dalam acara yang disaksikan puluhan ribu kader secara virtual itu, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY langsung yang memberikan penganugerahan.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya, menjelaskan 35 tokoh senior yang menerima penghargaan adalah 35 para pendiri dan fungsionaris partai. Ia bilang selama dua dekade, Demokrat berkat 35 senior itu sudah bertransformasi jadi partai yang mewarnai perpolitikan di Tanah Air.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

"Pencapaian ini tidak bisa dilepaskan dari jasa dan dedikasi para senior dan kader utama terbaik Partai Demokrat," kata Riefky, dalam keterangannya, Minggu, 12 September 2021.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya.

Photo :
  • Dok. Demokrat
Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang

Dia menekankan 35 pendiri dan fungsionaris itu sudah berjuang dan secara konsisten membesarkan partai. Ia merincikan penghargaan pun dibagi menjadi 4 kategori yaitu 30 tokoh 'Pejuang Demokrat', 3 tokoh 'Srikandi Demokrat', 1 tokoh penerima 'Spirit of Demokrat', dan 1 tokoh penerima 'Lifetime Achievement'.

"Untuk Pejuang Demokrat diberikan kepada pendiri, mantan ketua umum, mantan sekjen partai, mantan ketua DPD dan fungsionaris senior lainnya. Di antaranya Prof. Subur Budhisantoso, Pendiri dan Ketum pertama," tutur Riefky.

Selain itu, ia menambahkan deretan nama lainnya seperti mendiang Ventje Marthin Rumangkang yang merupakan salah seorang pendiri partai. Kemudian, almarhum Hadi Utomo yang pernah menjabat Ketua Umum pertama Demokrat.

Kemudian, ada para mantan sekjen seperti almarhum Prof. Irzan Tanjung, Umar Said, E.E Mangindaan, hingga Amir Syamsuddin. Lalu, para pendiri dan fungsionaris senior yang di antaranya menerima anugerah adalah I Wayan Sugiana, Joko Suwanda, Ganie H. Notowijoyo, H. KMS Daniel, Baharudin Tonti, Albert Yaputra, hingga Atte Sugandi.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, kami juga memohon maaf kepada para senior lainnya yang belum mendapatkannya pada tahun ini. Tentu, kami akan selalu mengingat dan menghormati jasa, pengorbanan dan pengabdian para senior baik di pusat maupun daerah," jelasnya.

Adapun penghargaan 'Srikandi Demokrat' diberikan kepada para senior perempuan yang dinilai menjadi sumber inspirasi bagi kader Partai Demokrat se-Indonesia. Tiga kader perempuan itu yakni Hj. Melani Leimina Suharli yang merupakan eks Wakil Ketua MPR, Titiek Budhisantoso, dan mantan Bendahara Umum DPP Demokrat Indrawati Sukadis.

Selanjutnya, untuk kategori 'Spirit of Demokrat' dianugrahkan kepada Ani Yudhoyono, eks Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, dan Ibu Negara dari Presiden RI ke-6.

“Selain sebagai ibu negara Presiden RI ke-6, Ibu Ani juga berperan aktif menggagas berdirinya Partai Demokrat, pernah menjadi wakil ketua umum, selalu aktif dalam berbagai kegiatan partai," tuturnya.

Riefky menambahkan di puncak acara, Partai Demokrat secara khusus memberikan penghargaan 'Lifetime Achievement' kepada Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyo (SBY). SBY juga sebagai penggagas, dan mantan Ketua Umum Partai Demokrat. Saat ini, posisi SBY sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat.

"Di mana beliau mendedikasikan waktu, tenaga dan pikiran beliau dalam perjuangan Partai Demokrat, menuntun partai," kata Riefky.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya