Megawati Ingin PDIP Menang Terus, Demokrat: Boleh Saja Asal...

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, memberikan respons mengenai pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang ingin PDI Perjuangan menang terus dalam pemilu. Menurut Kamhar, hal itu adalah wajar dan setiap partai, pasti memiliki keinginan yang sama.

Respons Jokowi Disebut Dorong Prabowo Supaya Bertemu Megawati

Namun dia mengingatkan agar dalam memperoleh kemenangan semestinya dapat dilakukan dengan cara yang sportif. Jangan sampai melakukan segala cara untuk dapat meraih kemenangan.

"Semua partai memiliki harapan dan mimpi yang sama. Namun tentunya, untuk memenangkan hati, pikiran dan pilihan rakyat tak boleh menghalalkan segala cara. Haruslah dengan cara-cara yang terhormat, legal dan demokratis. Bukan dengan menyalahgunakan kekuasaan, intimidasi dan manipulasi," kata Kamhar dalam keterangannya, Sabtu 30 Oktober 2021.

Gibran Sebut "Presidential Club" untuk Wadahi Masukan dari Sesepuh dan Mantan Pemimpin

Baca juga: Andi Arief: Hasto Gagal ke DPR Tiba-tiba Jadi Sekjen, Lihai Menjilat

Setiap Ketum Parpol dan elit politik, mesti menjunjung tinggi komitmen dan kesadaran ini. Dia juga meminta peran publik untuk terus mengawasi agar jangan sampai cara ilegal dilakukan untuk memperoleh kemenangan.

Prabowo Punya Ide Bentuk "Presidential Club" sejak 2014, Kata Petinggi Gerindra

Jangan sampai kelompok yang sedang berkuasa, menyalahgunakan kekuasaannya sebagai alat untuk melanggengkan kekuasaannya. Hal ini perlu diawasi secara ketat.

"Publik dan elemen civil society pun diharapkan semakin kritis agar tercipta kontrol publik atas kekuasaan sehingga mengeliminir segala potensi digunakannya kekuasaan menjadi alat hegemoni untuk pelanggengan kekuasaan partai politik tertentu," ujarnya.

Bendera Partai Demokrat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Kamhar berharap apa yang disampaikan oleh Megawati itu hanya sekadar pernyataan normatif. "Kami berharap itu menjadi pernyataan normatif, bukan instruksi kepada petugas partai yang sedang memegang kekuasaan agar memastikan kemenangan partai secara terus-menerus," ujarnya.

Seperti diketahui, PDIP sudah meraih dua kali kemenangan pada dua pemilu sebelumnya. Karena itu, Megawati menyebut tak ada aturan yang melarang PDIP menang lagi.

“Demikian saya selalu mengatakan apakah ada aturan kita (PDIP) tidak boleh menang (pemilu) terus, enggak ada yang menghalangi, karena yang harus ditarik itu adalah presidennya (Jokowi) hanya boleh 2 kali, tapi kalau partainya mau memang terus ndak ada aturan ndak boleh,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya