Puji Insting Megawati, Relawan Yakin PDIP Usung Ganjar Capres 2024

Megawati Diapit Kedua Anaknya, Puan Maharani dan Prananda Prabowo.
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA – Relawan "Ganjarist" Jawa Timur optimis Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan memberikan rekomendasi kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Keyakinan merujuk restu Megawati kepada sosok Jokowi pada dua kali pilpres sebelumnya.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

"Kami optimistis Pak Ganjar direkom. Sebab melihat sejarah, Bu Megawati pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019 beliau bisa mengalah," kata Ketua Umum "Ganjarist" Mazdjo Pray usai menghadiri deklarasi mendukung Ganjar Pranowo di Surabaya, Minggu, 31 Oktober 2021.

Ia menyebut, sosok Megawati sebagai ketua umum PDI Perjuangan memiliki keputusan politik tepat, apalagi melihat posisi Ganjar yang saat ini masuk tiga besar calon presiden dengan elektabilitas tertinggi.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

"Ibu Mega seorang yang punya ketajaman insting luar biasa dan punya kecerdasan emosional hebat. Sehingga beliau sangat logis dalam politik. Kami yakin Ibu Megawati tidak akan menyia-nyiakan Pak Ganjar," ucap dia.

Sementara itu, bagi tim relawan, saat ini tugas utamanya adalah berupaya meningkatkan popularitas Ganjar Pranowo.

Pernyataan Oposisi Ganjar Bisa Jadi Sikap Politik PDIP, Menurut Pakar BRIN

"Porsi relawan bukan menentukan Pak Ganjar akan berangkat dari partai mana dan didukung siapa. Kami mendorong keterkenalan beliau dapat naik, korelasinya rakyat terpikat, dan akhirnya Pak Ganjar dapat tiket," ujarnya.

Sementara itu, Dewan Pembina "Ganjarist" Jatim Tedi Supriadi mengatakan, saat ini fokus pihaknya hanya mendukung Ganjar sebagai calon presiden dan belum memikirkan sosok yang didukung sebagai pendamping di posisi calon wakil presiden.

Tedi menambahkan, "Ganjarist" Jatim akan terjun ke masyarakat sekaligus mendukung program kebangkitan UKM terdampak pandemi.

"Ganjarist akan lakukan terobosan di program ini, dan akan kami kerahkan semua relawan. Salah satunya fokus UKM di berbagai daerah," tutur dia

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengklaim partainya memiliki banyak kader yang potensial diajukan sebagai calon presiden dalam pemilu tahun 2024.

Dia menyebut sedikitnya 10 nama kader yang berpeluang diusung sebagai kandidat presiden, antara lain Prananda Prabowo, Puan Maharani, Olly Dondokambey, Ganjar Pranowo, Wayan Koster, Tri Rismaharini, Djarot Syaiful Hidayat, Abdullah Azwar Anas, Mardani, Sultan Riska.

Semua nama itu, katanya, tak hanya membuktikan bahwa PDIP memiliki banyak kader potensial, melainkan juga efektifnya sistem kaderisasi di partai berlambang banteng dengan moncong putih tersebut.

"PDI Perjuangan terus melakukan konsolidasi dan kaderisasi Partai. Itu semua perlu kerja sistemik melalui bangunan organisasi kepartaian. Jadi terkait dengan capres dan cawapres, Partai memiliki banyak kader yang mumpuni yang telah dipersiapkan Partai," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 15 Oktober 2021

Keputusan siapa capres dan cawapres dari PDIP, katanya,akan ditetapkan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sebagaimana keputusan Kongres V PDIP yang memberikan mandat itu kepada Megawati.

Menurutnya, Megawati akan mengumumkan keputusan itu pada waktu yang tepat nanti setelah melalui pertimbangan matang, dan karenanya, bukan asal deklarasi. "Itulah tata cara melahirkan pemimpin, perlu pertimbangan matang dan jernih," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya