Maju Capres, Figur Sunda Tulen Airlangga Diklaim Golkar Amat Kuat

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga/aa.

VIVA – Menteri Koordinator bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai semakin eksis mempersiapkan diri ikut serta dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Bahkan Airlangga dinilai mulai mewakili figuritas asal Jawa Barat dengan memiliki darah Sunda tulen.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Plt Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Tb Ace Hasan Sadzily menjelaskan, Airlangga juga tercatat merupakan cucu dari Sukardi yang merupakan pahlawan nasional asal Jawa Barat. 

"Pak Airlangga sendiri berdarah Jawa Barat, ibunya dari Jawa Barat. Bahkan kakeknya Beliau pak Sukardi adalah salah seorang pahlawan nasional yang lahir di Sukabumi," ujar Ace di sela deklarasi dukungan terhadap Airlangga Hartarto sebagai calon Presiden 2024 yang dilakukan kelompok "Sahabat Airlangga" di Bandung, Jawa Barat pada Senin 15 November 2021.

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

Menurutnya, peran serta Airlangga di nasional menangani COVID-19 disertai dengan latar belakang kesundaan yang kuat jadi pemicu kuat untuk ikut serta di Pilpres 2024. "Tentu buat warga Jawa Barat seharusnya Pak Airlangga ini menjadi representasi warga Jawa Barat, harus kita dukung, harus kita usung," katanya.

Pihaknya mengklaim Airlangga berhasil memulihkan ekonomi dalam negeri yang sempat terjungkal akibat pandemi virus Corona. Sebagai menteri koordinator perekonomian, menurutnya kebijakan yang dilakukan Airlangga berhasil mencegah resesi berkelanjutan. 

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

"Pak Airlangga bukan hanya politisi tapi menunjukkan visi, rekam jejak yang jelas untuk membawa Indonesia maju. Berprestasi dalam pemulihan ekonomi, penanganan COVID, roadmap sistem perindustrian nasional kita. Ini bekal, ini jadi modal bagi pak Airlangga untuk maju," katanya.

"Kami mengapresiasi deklarasi ini tinggal sahabat Airlangga ini bisa turun ke generasi muda ke generasi milenial untuk menyampaikan apa saja prestasi dan kompetensi pak Airlangga sehingga bisa dikenal luas oleh masyarakat. Kami sebagai partai sudah pasti akan mengusung pak Airlangga. Jadi tanpa deklarasi pun, kami sudah mengusung dan sudah bergerak untuk lebih mengenalkan keberhasilan pak Airlangga," kata dia.

Koordinator Nasional Sahabat Airlangga, Deden Nasihin menegaskan pihaknya tetap konsisten mendukung dan memenangkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Presiden 2024. 

“Tentunya kita tidak ingin pemimpin masa depan yang melanjutkan pekerjaan-pekerjaan pak Jokowi jatuh kepada pemimpin yang tidak mampu melanjutkan visi misi Indonesia. Oleh sebab itu kami berinisiatif mendeklarasikan Sahabat Airlangga,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya