Akun Resmi Unggah Acara Relawan Sandi, Kemenparekraf Dikritik

Tangkapan layar aktivitas kegiatan relawan Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) diduga mempublikasikan kegiatan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno bersama Relawan Kawan Sandi (RKS) melalui akun media sosial resminya. Kegiatan bermakna politik ini menuai kritik.

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

Kritikan disampaikan Dewan Pengurus Nasional Rumah Sandiuno Indonesia (DPN RSI) dan I’M SandiUno. Juru Bicara DPN RSI, Alvy Pongoh menyoroti acara vaksinasi Relawan Kawan Sandi di Makassar yang dimuat dalam akun Instagram kemenparekraf pada Selasa, 23 November 2021. Bagi dia, cara tersebut tidak tepat, tidak elok, dan kurang pantas. 

"Seharusnya kegiatan RKS tersebut tidak dipublikasi melalui media sosial resmi lembaga pemerintah yaitu Kemenparekraf RI," kata Alvy, kepada wartawan, Rabu 24 November 2021.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Tangkapan layar aktivitas relawan Sandiaga Uno di web Kemenparekraf.

Photo :
  • Istimewa

Alvy menilai hal itu dinilai tak pantas lantaran organisasi RKS sudah mendeklarasikan sosok Menparekraf Sandiaga Uno sebagai bakal calon Presiden untuk Pilpres 2024. Ia mengingatkan agar jangan sampai media resmi Pemerintah digunakan untuk kepentingan organisasi relawan politik.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Tidak elok dan tidak pantas bila media resmi pemerintah digunakan untuk publikasi kegiatan organisasi relawan yang mengusung calon Presiden RI mendatang," ujarnya

Alvy mengatakan, media sosial Kemenparekraf RI diperuntukkan untuk publikasi kegiatan pemerintah dan menyangkut kepentingan masyarakat. Bukan malah dijadikan sebagai media kampanye organisasi relawan. 

"Sehingga kedepannya, kejadian seperti ini diharapkan tidak terulang lagi," tuturnya

Adapun saat berita ini ditulis, unggahan di medsos Kemenparekraf tersebut sudah dihapus. Namun, Alvy sempat mengabadikannya dalam tangkapan layar.

Sosok Sandiaga Uno diketahui digadang-gadang sebagai salah seorang bakal capres untuk 2024. Namanya masuk dalam jajaran bursa capres versi lembaga survei. Bahkan, beberapa relawan sudah menyatakan dukungan terhadap politikus Gerindra tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya