Mengintip Arah Politik Jalan Tengah Ala Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) telah menyatakan akan masuk ke Partai Politik (Parpol) tahun depan. Meski demikian dia belum memutuskan untuk memilih partai yang mana.

Keputusan Ridwan Kamil ini pun menegaskan posisinya dalam persaingan menuju ajang Pilpres 2024. Atau lanjut pemilihan Gubernur Jawa Barat untuk periode keduanya.

Dalam acara diskusi bertajuk Leadership Forum: Road to 2024, di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM), pria yang akrab disapa Kang Emil ini pun menjelaskan arah dan gagasan politik yang nanti akan menjadi prinsipnya.

"Saya tahu diri. Kalau enggak diterima atau tidak ada partai mengusung, paling realistis, ya menu politik saya, melanjutkan menu (pilkada) Gubernur jilid dua," ujar Ridwan Kamil, dikutip Jumat, 3 Desember 2021.

Dia menjabarkan, gagasan politiknya adalah politik jalan tengah. Jalan tersebut dinilai paling realistis untuk mengakomodir semua kepentingan pihak terkait.

"Politik jalan tengah yang saya pilih. Bagi saya jalan tengah itu kebutuhan kita pada hari ini, untuk merangkul agar tidak terlalu ke kanan dan kiri. Meski dianggap tidak jelas," paparnya.

Soal peluangnya untuk dicalonkan atau tidak dalam kontestasi pilpres, dia mengaku hanya menunggu. Karena yang memiliki legitimasi untuk bisa mencalonkannya dari partai politik.