Politikus PDIP Anggap Darmawan Prasodjo Mumpuni sebagai Dirut PLN

Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVAnews.

VIVA – Anggota Komisi VII DPR RI, Nasyirul Falah Amru turut menyoroti keputusan Menteri BUMN Erick Thohir yang menunjuk Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) menggantikan Zulkifli Zaini. Politikus PDI Perjuangan ini menilai keputusan Erick adalah keputusan yang tepat.

PLN Sebut Transaksi SPKLU Naik 5 Kali Lipat hingga H-3 Lebaran 2024

Pria yang disapa Gus Falah ini menyebut Darmawan Prasodjo, yang juga politikus PDIP ini dikenal sebagai sosok yang memiliki kemampuan mumpuni. Tentunya, masyarakat memiliki segudang harapan terkait kepemimpinan Darmawan Prasodjo ini.

"Komisi VII DPR menyambut baik diangkatnya dirut baru di PLN, yaitu Mas Darmawan Prasodjo atau Mas Darmo. Tentunya kita punya harapan yang lebih luas dan lebih besar kepada Mas Darmo karena beliau memang orang yang punya kemampuan di bidangnya," kata Gus Falah, Senin 6 Desember

Dirut PLN Pastikan Kesiapan Sistem Kelistrikan Jawa-Madura-Bali Untuk Layani Lebaran

Dengan kepemimpinan baru di PLN, diharapkan perusahaan pelat merah itu dapat melakukan banyak terobosan untuk memberikan yang terbaik buat rakyat. Sebab tugas besar PLN ini adalah melayani kebutuhan masyarakat secara luas untuk energi di Indonesia 

Selain itu, Gus Falah juga menyebut belakangan ini PLN mampu membukukan keuntungan lebih. Diharapkan dengan capaian itu PLN mampu mewujudkan cita-cita menciptakan energi hijau.

Perkokoh Ekosistem EV, PLN dan 5 Mitra Teken MoU Penyediaan Stasiun Charger Kendaraan Listrik

"Alhamdulillah PLN dua tahun ini mempunyai keuntungan yang lebih, jadi kinerja PLN itu membukukan pendapatan usaha Rp 345,4 triliun dan mencapai laba bersihnya Rp 5,99 triliun pada tahun 2020, artinya laba ini naik 39,3 % dibandingkan tahun 2019. Yang perlu digarisbawahi ke depan adalah PLN juga harus memahami bahwa kita mempunyai tantangan ke depan, tantangan clean energy, dan digitalisasi servis kepada masyarakat yang penerapan eco-lifestyle-nya menjadi kebutuhan utama demi menciptakan lingkungan yang lebih baik," ujarnya

Dalam kepemimpinannya di PLN, kata Gus Falah, Darmawan juga dihadapkan pada tantangan untuk menjalankan Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). Sebab hal itu yang menjadi kunci dari ketahanan energi Indonesia.

"Dan tentunya Mas Darmo sebagai Dirut PLN pasti bisa menjadi leader yang baik dan amanah buat bangsa dan Negara, dan untuk membawa PLN bisa menerangi rakyat, dari Sabang Sampai Meruke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote. Komisi VII DPR yakin Mas Darmo bisa menjalankan dengan baik amanah itu," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengangkat dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN menggantikan Zulkifli Zaini, melalui Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS PLN tahun 2021. 

Surat Keputusan RUPS tersebut disampaikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, di Kantor Pusat PT PLN Jakarta dan berlaku sejak 06 Desember 2021. Erick menyampaikan dalam mengelola BUMN, seorang pemimpin harus menyandarkan tanggung jawab yang diemban dengan hati dan keikhlasan.  

"Karena bagaimanapun juga, jabatan yang diberikan kepada kita tak lain sebuah amanah. Amanah untuk memberikan kontribusi sebesar-besarnya kepada negara dan memiliki dampak sosial seluas-luasnya berupa peningkatan pelayanan kepada masyarakat," kata Erick dalam keterangan tertulisnya, Senin 6 Desember 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya