Debat Panas, Eggi Sudjana ke Habib Kribo: Lu Ngarang Aja!

Debat Eggi Sudjana dengan Zen Assegaf alias Habib Kribo.
Debat Eggi Sudjana dengan Zen Assegaf alias Habib Kribo.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Ketua Umum Tim Pembela Ulama & Aktivis, Eggi Sudjana terlibat perdebatan panas dengan Zen Assegaf alias Habib Kribo. Mereka berdebat soal proses hukum Habib Bahar Smith yang jadi tersangka penyebaran berita bohong atau hoax soal peristiwa tewasnya enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di KM 50. 

Perdebatan keduanya diawali saat Eggi menyampaikan pandangannya soal rekonstruksi hingga gelar perkara dalam peristiwa tewasnya 6 laskar FPI. Dia mengatakan pidana mesti berdasarkan asas legalitas yaitu pasal 1 ayat 1 KUHP.

Eks calon legislator PAN itu mempertanyakan rangkaian rekonstruksi hingga gelar perkara dalam peristiwa tersebut. Sebab, ia bilang rangkaian proses itu adalah tata krama secara pidana.

Menurutnya, meski disebut ada gelar perkara, tapi dalam prosesnya harus komprehensif. Dia bilang demikian karena kabarnya polisi tidak mengundang pihak keluarga dan pengacara dari korban 6 laskar FPI saat gelar perkara. Dia mengatakan Polri tak bisa menggelar gelar perkara secara internal saja.

"Ini peristiwa besar, ada 6 nyawa orang meninggal. Di-Quran Al-Maidah ayat 32, satu orang dibunuh saja dengan cara-cara tidak benar itu sama saja membunuh manusia. Al-Maidah 32, nggak pakai logika saya, pakai Quran," kata Eggi dalam Catatan Demokrasi tvOne yang dikutip VIVA pada Rabu, 5 Januari 2022.

Debat Eggi Sudjana dengan Zen Assegaf alias Habib Kribo.

Debat Eggi Sudjana dengan Zen Assegaf alias Habib Kribo.

Photo :
  • tvOne

Eggi kembali menafsirkan Alquran surat Al-Maidah ayat 32. Setelah membaca tafsiran itu, ia menyinggung Zen Assegaf pasti paham yang dimaksudnya.