Anies Teratas, Riza Patria Masuk 5 Besar Gubernur & Wagub Terpopuler

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ariza Patria
Sumber :
  • Facebook Ariza Patria

VIVA Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria masuk lima besar kategori gubernur dan wakil gubernur terpopuler serta paling berpengaruh di media sepanjang 2021. Urutan teratas ada Gubernur DKI Anies Baswedan.

Terpopuler: Oxford United Menang di Semifinal, Marselino Ferdinan Jadi Captain Tsubasa

Riza juga masuk dalam 25 tokoh paling berpengaruh di media sepanjang 2021. Hasil ini berdasarkan riset yang dilakukan perusahaan konsultan Indonesia Indicator selama 12 bulan terhadap 28.779.574 berita yang dimuat 6.470 media online Indonesia. 

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang menjelaskan data dianalisis secara real time. Penggunaannya dengan sistem Intelligence Media Analytics (IMA) yang berbasis artificial intelligence. 

Terpopuler: Konversi Motor Listrik Tidak Gratis, Harga Innova Zenix Naik

"Kami melakukan pemantauan sejak 1 Januari hingga 19 Desember 2021," kata Rustika, dalam keterangannya yang dikutip pada Kamis, 6 Januari 2022.

Menurut dia, dari pemantauan pihaknya, Riza jadi satu-satunya wakil gubernur di Indonesia yang masuk 5 besar. Begitu juga dalam daftar sepuluh gubernur dan wakil gubernur paling berpengaruh selama 2021.

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos

Dia menambahkan politikus Gerindra itu juga satu-satunya wakil gubernur yang masuk 25 tokoh paling berpengaruh di media sepanjang 2021. Untuk diketahui, Riza resmi gantikan Sandiaga Uno menjabat DKI-2 setelah dilantik Presiden Jokowi pada 15 April 2020. Kini, dia sudah menjabat sekitar 21 bulan atau hampir dua tahun.

Pelantikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL

Terkait itu, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Puspoll Indonesia, Muslimin Tanja menyampaikan analisanya. Menurutnya, kinerja Riza terlihat sebagai wagub bisa menyesuaikan kemauan Gubernur Anies.

Pun, ia menilai Riza juga bisa mengoptimalkan posisinya sebagai wagub. Salah satu keunikan Ketua Ikatan Cendekian Muslim Indonesia (ICMI) DKI itu antara lain bisa mengoptimalkan media sosialnya untuk berkomunikasi dengan warga. 

Eks Anggota DPR itu dinilainya sering menjawab keluhan warga terhadap kebijakan Pemerintah Provinsi DKI yang belum dipahami.

"Intinya Riza mampu meluangkan waktu, karena untuk menjawab banyak pertanyaan baik dari media maupun di media sosial memerlukan persiapan yang tidak sebentar, menyiapkan data, argumen singkat, dan lain-lain," tutur Muslimin.

Berikut daftar gubernur dan wakil Gubernur terpopuler dan berpengaruh selama 2021 berdasarkan penelitian Indonesia Indicator: 

(1) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-127.677 berita. 
(2) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-85.158 berita. 
(3) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-73.567 berita. 
(4) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-51.830 berita.
(5) Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria-39.648 berita.

(6) Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi-28.273 berita.
(7) Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru-24.866 berita. 
(8) Gubernur Riau Syamsuar-23.442 berita. 
(9) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman- 21.863 berita.
(10) Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad-18.562 berita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya