Singgung Lagi Formula E, Giring: Kalau Dipaksakan Jangan Malu-maluin

Ketua Umum PSI Giring Ganesha di Gunungkidul, Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi

VIVA – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSi) Giring Ganesha melakukan kunjungan ke Kabupaten Gunungkidul, Selasa 11 Januari 2022. Giring sempat menyinggung penyelenggara Formula E di Ibu Kota DKI Jakarta. 

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Eks penyanyi itu menuturkan partai yang dipimpinnya sudah sejak lama menentang penyelenggaraan Formula E yang digagas Gubernur DKI Anies Baswedan.

Dia bilang penyelenggaraan Formula E sebaiknya tidak dipaksakan. Selain itu, Giring juga mewanti-wanti apabila tetap diselenggarakan, penyelenggaraannya jangan sampai membuat malu.

Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi

"Kalau dipaksakan jangan sampai malu-maluin. Kalau harus jalan ya jalan saja. Cuma kalau dipaksakan ya jangan malu-maluin!" kata Giring di Kantor Pemkab Gunungkidul dikutip pada Rabu, 12 Januari 2022.

Ketum PSI Giring Ganesha

Photo :
  • Instagram Giring Ganesha
Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

Giring pun menyoroti masalah kesiapan penyelenggaraan Formula E. Menurutnya, pembangunan sirkuit untuk Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara dianggapnya terlalu mepet.

"Kita hitung mundur dari Juni ke sini. Untuk persiapan sebuah sirkuit dengan kelas Formula E, negara lain membutuhkan waktu. Ada yang 12 bulan, ada yang 1,5 tahun. Nggak bisa kurun waktunya 4 bulan, 3 bulan (untuk membangun sirkuit," jelas Giring.

Selain itu, Giring menyoroti sisi lain dari perhelatan Formula E yaitu terkait besaran commitment fee yang mencapai Rp560 miliar.

"Kita melihat ada ketidakberesan ketika ada Rp 560 miliar uang rakyat yang ditransfer untuk commitment free. Di negara lain, tidak ada itu," sebut Giring.

Giring dan elite PSI memang kritis terhadap kesiapan Formula E. Fraksi PSI di DPRD DKI jadi salah satu yang menolak Formula E.

Bahkan, belum lama ini Giring juga menyempatkan inspeksi mendadak alias sidak ke arena lokasi Formula E. Dia meragukan kesiapan arena yang akan dibangun sirkuit di Ancol.

Giring mengunggah kedatangannya ke lokasi Formula E dalam video di akun Twitternya @Giring_Ganesha. Dalam video, itu dia bilang Formula E gokil karena sebagai proyek ambisius. 

Dengan anggaran besar tapi persiapan mepet, ia tak yakin sirkuit balapan Formula E bisa terealisasi. 

"Tadi pagi sidak ke Lokasi Formula E. Ya, beginilah kiranya proyek uang rakyat 2,3 T itu. Pembangunan jalur balapan terlihat dihiasi lumpur yang "mengisap". Tak ada pekerja, yang ada hanya kambing yang berbaris. Miris. Kejar tayang tinggal 5 bulan lagi dengan kondisi begini?" tulis akun @Giring_Ganesha yang disertai video.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya