DPC Banyuwangi: Bersama Emil Dardak, PD Akan Berjaya di Pemilu 2024

Wakil Gubernur sekaligus Pelaksana Tugas Ketua Demokrat Jawa Timur Emil Elistianto Dardak
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Jelang pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat Jatim, dinamika politik memanas. Pendukung Emil Dardak yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto menyinggung integritas Sekretaris Plt DPD Partai Demokrat Jatim Bayu Airlangga. 

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Michael menceritakan pernah diminta Bayu untuk menandatangani dukungan untuk Emil Dardak untuk maju sebagai Calon Ketua DPD Demokrat Jatim dalam Musda.

"Tapi, sampai sekarang suratnya tidak jelas ada di mana. Akhirnya kami harus membuat ulang surat dukungan bagi mas Emil," tutur Michael, dalam keterangannya, Rabu, 19 Januari 2022.

Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Permasalahan Pemilu Sudah Selesai

Dia melanjutkan bahwa mayoritas DPC yaitu 30 pemegang hak suara di Musda mendukung Emil. Bahkan, 12 DPC di antaranya sudah menandatangani dukungan terhadap Emil.

Menurutnya, surat dukungan tertulis dari 12 DPC itu sudah diserahkan. Ia yakin 12 DPC itu tak bersikap mendua dalam politiknya di Musda. Kata dia, jumlah dukungan ini bakal terus bertambah.

Hak Angket Makin Gelap, Cak Imin Sebut PKB Berkeinginan Tetap Berjalan

"12 solid mendukung mas Emil Dardak, Plt Ketua DPD Jatim. Dengan kata lain, sepertiga DPC berada di belakang mas Emil," sebutnya.

Pun, ia menyampaikan alasan mendukung Emil karena kader muda potensial dan berprestasi. Dia menyebut Demokrat Jatim perlu sosok pemimpin yang bisa membawa suara partai berjaya di Pemilu 2024.

"Butuh kepemimpinan yang kuat dan jujur untuk membuat Jatim kembali menjadi lumbung suara bagi Demokrat. Bersama mas Emil, kami yakin Demokrat Jatim akan kembali berjaya, sekaligus memenangkan mas AHY dalam Pemilu 2024 nanti," tutur Michael.

Dia membantah klaim kubu Bayu Airlangga yang mengaku didukung mayoritas DPC. Ia menegaskan sejumlah DPC yang sadar mulai mengalihkan dukungan di Musda untuk Emil.

"Setelah sadar itu hanya bagian taktik kosong, DPC-DPC banyak yang cabut dan alihkan dukungan untuk Emil," ujar Michael.

Dinamika politik menuju Musda Jatim memanas karena persaingan antara Plt Ketua DPD Demokrat Jatim sekaligus Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak dengan Plt Sekretaris DPD Jatim Bayu Airlangga. Mereka berdua dikabarkan bersaing untuk mengincar jabatan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim dalam Musda pada 20 Januari 2022. Untuk diketahui, Bayu merupakan menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo atau Pakde Karwo. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya