Hasto Ingin Pelatihan Kader Partai Beri Energi dan Oreantasi ke Depan

Hasto Kristiyanto Dalam Pendidikan Kader Nasional Angkatan II 2022
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA – Partai politik tetap harus membangun karakter para kadernya. Partai perlu menggembleng kadernya dengan sistem yang sistemik, mengakar dan akademis.

Prabowo Tegaskan Bung Karno Milik Rakyat, Bukan Milik Satu Partai

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Dalam setiap pelatihan kader, ilmu lapangan juga menurut dia sangat penting. Ilmu lapangan inilah yang harus dipahami kader partai.

Hal itu pula yang dilakukan oleh PDIP lewat Pendidikan Kader Nasional Angkatan II Tahun 2022 yang dipusatkan di Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin 21 Maret 2022. 

PDIP Kritik Ide Penambahan Kementerian: Bagi-bagi Kekuasaan Berdampak Pemborosan Anggaran

Hasto Kristiyanto menegaskan, negara maju akan selalu menggunakan standar pendidikan tinggi. Partai politik pun harus begitu. Jika tidak menggembleng kadernya, akan kehilangan energi juang dan orientasi masa depan.

“Itu pula yang dilakukan PDI Perjuangan dengan kaderisasi ini. Kita juga harus melakukan hal yang sama dengan negara maju. Menggembleng kader agar selalu punya energi juang dan orientasi ke depan,” kata Hasto dalam keterangan persnya.

Gerindra: Prabowo Sudah Kantongi Nama untuk Pilgub Jakarta 2024

“Di pelatihan ini, PDI Perjuangan hendak memajukan kepemimpinan kader partai melalui proses yang sistemik dan akademis,” lanjut dia.

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu memiliki tekad mendidik kadernya. Dengan begitu, mereka memiliki satu kesatuan tekad yang bulat. Punya satu spirit kader sebagai energi dalam perjuangan yang terus ada. 

“Menggelorakan spirit perjuangan inilah yang menjadi inti sari kaderisasi. Jadi ketika ada survei politik yang menempatkan elektoral PDI Perjuangan selalu tertinggi, kader tidak akan ternina-bobokkan. Elan perjuangan akan terus menyala dan kader jangan masuk ke zona nyaman,” jelas Hasto.

Sementara Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan, Komaruddin Watubun, menambahkan pelatihan ini juga menggembleng kedisiplinan kader. Bung Karno pernah berpesan soal partai pelopor, dan ini harus menjadi bekal para kader. Yakni harus punya disiplin teori, tindakan, dan organisasi.

“Anda bisa bermimpi sampai ke langit tapi tanpa ada kedisiplinan, maka tak ada gunanya. Sebagai kader partai ideologis, kita harus mengingat pesan Bung Karno,” kata Komaruddin Watubun.

Di acara itu, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri hadir secara virtual. Sementara yang di lokasi ada Hasto Kristiyanto Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat, Ribka Tjiptaning, Hamka Haq, Eriko Sotarduga, Sri Rahayu, Mindo Sianipar, Rudianto Tjen. Turut hadir jajaran Badiklat PDIP yang dipimpin ketuanya, Daryatmo Mardiyanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya