Habib Kribo ke Haikal: Anda Bukan Siapa-siapa, Kadang Sok Alim!

Debat panas Zen Assegaf alias Habib Kribo dengan Haikal Hassan.
Debat panas Zen Assegaf alias Habib Kribo dengan Haikal Hassan.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Perdebatan sengit terjadi antara pegiat media sosial Zen Assegaf alias Habib Kribo dengan penceramah Haikal Hassan. Keduanya berdebat soal kontroversi Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Budi Santosa Purwokartiko yang diduga rasis karena menyinggung 'manusia gurun'.

Awal perdebatan dimulai saat Haikal menanggapi penjelasan dari Guru Besar Universitas Airlangga, Prof Henri Subiakto dalam acara Catatan Demokrasi tvOne. Menurut Haikal, dalam persoalan Budi Santosa, seorang rektor mesti luas pemikirannya. 

Bagi dia, tak boleh Budi menyudutkan orang hanya dengan hanya kerudung dan tidak kerudung. Lalu, melabelkan yang berkerudung menutup kepala itu adalah manusia gurun. 

"Ini seorang pendidik, harus punya wawasan luas. Harus punya jiwa pancasilais yang tinggi," kata Haikal dikutip dari YouTube tvOne pada Rabu, 11 Mei 2022.

Haikal pun menyayangkan Budi tak bisa hadir dalam diskusi di Catatan Demokrasi tvOne. Dia berharap jika Budi muncul dalam diskusi maka bisa berdialog dan digali pemikirannya apakah yang bersangkutan seorang apancasilais atau bukan.

Debat Zen Assegaf alias Habib Kribo dengan Haikal Hassan.

Debat Zen Assegaf alias Habib Kribo dengan Haikal Hassan.

Photo :
  • tvOne

Bagi Haikal, jika dari dialog ternyata Budi seorang apancasilais maka bertentangan dengan Undang-Undang. Kata dia, Budi harus berhenti jadi rektor.