Bilqis jadi Motivasi, Pengamat Sebut Puan Ingin Kerja Keras di Pilpres

Puan Maharani di Pasar Tambahrejo, Kota Surabaya Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal

VIVA – Sejumlah nama belakangan ini, mulai muncul dan siap maju dalam kontestasi politik. Terutama pemilu presiden atau Pilpres 2024 mendatang. Apalagi tahapan-tahapan pemilu akan mulai dilakukan pada tahun ini.

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

Direktor Eksekutif Indonesia Political Opinion (OPI) Dedi Kurnia Syah menyoroti salah satu bakal calon yang kini sering tampil, yakni Puan Maharani.

Belakangan, Puan menyinggung kerja keras pebulutangkis Bilqis Prasista yang berhasil mengalahkan Akane Yamaguchi dari Jepang. Bilqis peringkat 333 dunia sementara Akane adalah peringat pertama dunia. Tapi kerja keras, menurut Puan saat itu adalah kunci kemenangan, bukan peringkat di atas kertas.

Kalah di Pilpres 2024, Ini Kegiatan yang Bakal Dilakukan Mahfud Selanjutnya

Menurut Dedi, apa yang dikatakan Puan itu adalah juga sebagai pesan politik menuju 2024. Bahwa politisi PDIP itu akan bekerja keras, layaknya Bilqis yang tidak diunggulkan tetapi bisa menang.

"Saya kira kalau dikaitkan dengan momentum Puan Maharani ada nuasna politiknya. Salah satunya motivasi yang terbangun dari Puan Maharani dalam menghadapi Pilpres 2024. Meskipun secara normatif statement siapa bekerja keras, semua orang paham," kata Dedi, dikutip Jumat 13 Mei 2022.

Mahfud Ngaku Tak Ada Tawaran Masuk ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

"Ini bagian dari kerja keras Puan. Puan berusaha ingin memperbaiki reputasinya. Kemudian diharapkan dapat meningkatkan popularitas sekaligus elektabilitas," lanjutnya menjelaskan.

Apalagi belakangan, lanjut dia, terlihat Puan mulai tak segan-segan memperlihatkan keberihakannya kepada masyarakat. Sehingga mampu memisahkan mana kepentingan partai dan fungsi legislatifnya dalam mengontrol dan mengkritik pemerintah.

"Akhir-akhir ini bagaimana Puan yang menunjukkan sikap sebagai Ketua DPR yang tidak sungkan-sungkan untuk melakukan kritik pada pemerintah, menghardik Ganjar Pranowo karena kondisi Jawa Tengah yang tidak kunjung membaik," jelasnya.

Walau ada dalam satu partai, lanjut dia, Puan kerap melayangkan kritik keras atas kinerja pemerintah termasuk di daerah seperti Jawa Tengah. Seperti kasus wadas hingga soal kemiskinan.

"Meski satu partai, Puan justru memperlihatkan situasi yang berbeda, ada nuansa keberpihakan Puan terhadap publik," katanya.

Jika sikap itu terus diperlihatkan oleh Puan, Dedi menilai bisa jadi akan berdampak pada elektabilitas yang terus beranjak naik. Maka tak menutup kemungkinan, menyalip calon-calon yang selama ini kerap menduduki posisi tertinggi dalam lembaga survei.

"Artinya dalam setahun kedepan itu bukan tidak mungkin dengan ritme kerja yang disiplin begitu, upaya promosi politik yang dilakukan Puan, bukan mustahil Puan akan menjadi primadona PDIP," katanya.

Keunggulan lainnya menurut dia, karena sosok Puan sebagai seorang perempuan. Menjadi Ketua DPR pertama perempuan dan juga ia melihat, dibanding dengan sosok di partai lain, tidak ada yang bisa disejajarkan dengan cucu proklamator Bung Karno itu. 

"Puan satu-satunya perempuan politik yang punya kekuasaan dan sekaligus punya akses terhadap keterusungan 2024. Di Golkar tidak ada, Gerindra, Nasdem, Demokrat, hanya PDIP, hanya Puan yang menonjol," jelasnya.

Sebelumnya, kemenangan tunggal putri bulutangkis, Bilqis Prasista, yang mengalahkan pemain peringat 1 dunia di ajang Piala Uber 2022, menarik perhatian Ketua DPR RI Puan Maharani. 

Mengingat secara di atas kertas, peringkat Bilqis sangat jauh yakni urutan 333 dunia. Tetapi ia berhasil mengalahkan sang juara dunia. Menurutnya, ini adalah buah dari kerja keras. 

"Sebagai pebulu tangkis peringkat 333 dunia bisa mengalahkan peringkat 1 tentunya ini sebuah capaian yang luar biasa," kata Puan dalam keterangannya, Kamis 12 Mei 2022.

Berkaca dari kemenangan Bilqis ini, Puan yang juga Ketua DPP PDIP itu menilai, kerja keras sebenarnya adalah kunci dari kesuksesan. Sedangkan deretan peringkat hanya di atas kertas. 

"Berkat kerja keras dan mental pantang menyerah, Bilqis berhasil membuat kejutan," katanya. 

Dalam konteks bulutangkis ini, Puan berharap apa yang diraih oleh Bilqis ini turut menjadi inspirasi bagi rekan-rekannya. Terutama yang tengah berjuang di Piala Uber 2022.  

"Jika semuanya bekerja keras dan memiliki mental juara seperti Bilqis, bisa dipastikan Piala Uber bisa kita raih," tutur Puan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya