Koalisi Golkar, PAN dan PPP, Nasdem: Hal yang Baik

Sekjen Nasdem, Johnny G Plate.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur

VIVA – Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate, turut menyoroti pertemuan Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis malam 12 Mei 2022. 

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Pertemuan itu kemudian dikaitkan sebagai koalisi di Pemilu 2024. Menurut Plate, adanya komunikasi 3 ketum partai itu adalah hal yang baik bagi demokrasi Indonesia

"Kan itu hal yang baik, dan kalau pertemuan pimpinan parpol itu jangan semuanya ditafsirkan hanya untuk kepentingan Pilpres 2024, apalagi kalau pertemuan pimpinan partai-partai politik yang berada dalam koalisi pemerintahan," kata Plate, kepada wartawan, Jumat 13 Mei 2022.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Dia meyakini, para pimpinan parpol tersebut tidak semata-mata membahas masalah kepentingan di Pemilu 2024. Bahkan diyakini oleh Plate, ketiga ketum partai tersebut juga membahas mengenai kabinet. Mengingat ketiga partai itu saat ini ada dalam koalisi pemerintahan Kabinet Indonesia Maju.

"Karena juga yang dibicarakan adalah bagaimana menjaga, menyukseskan kabinet, bagaimana menjaga kinerja membantu Presiden dalam menghadapi tantangan-tantangan yang luar biasa saat ini khususnya imported cases," tambah Plate.

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Untuk Nasdem sendiri, kata Plate, belum dapat memutuskan arah koalisi untuk saat ini. Karena Nasdem akan menggelar rakernas terlebih dahulu untuk meminta masukan dari daerah-daerah terkait langkah partai di Pemilu 2024.

Keputusan untuk menentukan ke mana arah koalisi Nasdem dalam Pemilu 2024 nanti, pada akhirnya akan diputuskan oleh Ketua Umum Surya Paloh.

"Karena koalisi tidak bisa di bangun di daerah, sehingga itu diserahkan kepada ketum untuk membangun koalisi, pasti ketum bersama jajaran DPP akan melakukan komunikasi-komunikasi publik dalam rangka membentuk koalisi," ujarnya

Seperti diketahui, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, melakukan pertemuan pada Kamis malam, 12 Mei 2022. Pada pertemuan tersebut ketiganya sepakat untuk menjalin koalisi di pemilu 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya