Pakar UGM Bela Erick Thohir dari Tuduhan 'Cari Panggung' untuk Pilpres

Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara WOMAN (Wonderful & Magnificent) 2022 yang diinisiasi oleh BRI Group pada Kamis (21/04).
Sumber :

VIVA – Pakar politik ekonomi pembangunan pada Universitas Gadjah Mada, Poppy Sulistyaning Winanti, mengingatkan bahwa seluruh menteri dalam kabinet Presiden Joko Widodo, dari kalangan partai maupun nonpartai, harus bekerja profesional. Mereka harus menunjukkan keahlian, kepiawaian dan profesionalisme dalam bekerja agar tujuan dan janji presiden dalam kampanye dapat tercapai.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Ketika ada masyarakat yang menganggap menteri yang memiliki prestasi baik dan dianggap sebagai cari panggung untuk maju sebagai capres dan cawapres, itu tak bisa dihindari, apalagi di era reformasi kebebasan berpendapat seperti saat ini. Namun yang terpenting saat ini adalah menteri harus bekerja dengan baik dan dapat menunjukkan prestasi," kata Poppy, Selasa, 17 Mei 2022

Dia meminta agar masyarakat cerdas melihat prestasi para menteri, jangan menilai prestasi menteri hanya dari media sosial. Prestasi juga harus diukur menggunakan parameter yang jelas, yakni target capaian kinerja yang diinginkan Presiden Joko Widodo terhadap kementerian.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Menteri BUMN Erick Thohir di acara agen BRILink.

Photo :
  • KBUMN.

Salah satu menteri yang saat ini disorot kinerjanya akibat prestasinya dan dianggap 'mencari panggung' untuk menuju kontestasi pilpres 2024 adalah Erick Thohir. Kini target dan capaian yang diharapkan Jokowi kepada Kementerian BUMN memiliki kinerja yang baik dan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

Kinerja keuangan yang baik tentu ditopang oleh efisiensi dan mendorong perusahaan BUMN menjadi lebih profesional. Tujuannya agar BUMN dapat terus tumbuh dan bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. 

Target dan capaian kinerja keuangan itu, menurut Poppy, sudah dibuktikan oleh Erick Thohir, misalnya dengan kontribusi dividen BUMN yang makin besar.

Sedangkan target BUMN untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat juga sudah dibuktikan. Selama pandemi COVID-19, BUMN sudah memberikan kontribusi kepada negara dan masyarakat, bahkan BUMN menjadi garda terdepan penanganan COVID-19. 

"Kalau yang jadi ukuran prestasi adalah target dan capaian pasti sudah terlampaui. Kalau ada orang yang menuduh menteri yang berprestasi mencari panggung, kita tidak bisa melarang masyarakat untuk tidak berpendapat. Masyarakat juga tak bisa melarang menteri untuk berprestasi dan mampu mencapai target yang diberikan oleh presiden," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya