Alex Didatangi Adik Jokowi, Begini Sikap PDIP soal Bupati Bogor 2024

Adik Presiden Jokowi, Idayati bertemu dengan Alex Purnama Johan.
Sumber :
  • Istimewa/Muhammad AR

VIVA – Alex Purnama Johan (APJ) yang digadang-gadang masuk bursa calon Bupati Bogor di Pilkada 2024 didatangi adik Presiden Joko Widodo (Jokowi) Idayati. Kedatangan Idayati ke Bogor ditemani suaminya Anwar Usman. 

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mencuat pertemuan Idayati dengan Alex dispekulasikan soal urusan perpolitikan Bogor. Saat dikonfirmasi VIVA, Alex mengakui kedatangan Idayati pada Minggu kemarin, untuk ikut mendoakannya bisa maju di Pilkada Kabupaten Bogor 2024.

Alex dikenal sebagai tokoh masyarakat Bogor Selatan yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Sukamaju.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Di Pilkada 2018, Alex digadang maju dalam bursa Bupati Kabupaten Bogor dengan mendaftar ke PDI Perjuangan (PDIP). Alex juga dikabarkan mendatangi kantor Partai Keadilan Sejahtera (PKS) agar diusung PKS.

"Iya benar. Tapi, belum saatnya menggandeng partai," kata Alex saat dikonfirmasi VIVA, Senin, 30 Mei 2022.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Terkait manuver Alex yang bertemu dengan Idayati rupanya ditanggapi elite PDIP. Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Bogor, Bayu Syahjohan tak menampik Alex pada 2018 mendaftar sebagai bakal calon Bupati yang diusung PDIP.

Baca Juga: Adik Jokowi Datang ke Bogor, Doakan Alex Jadi Bupati 2024

Namun, ia menekankan status pria yang akrab disapa APJ itu bukan kader Partai Banteng. Dia menyebut Alex masih pindah-pindah partai.

"Sudah tidak kader PDI Perjuangan, karena tempo hari pernah kita melihat beliau menjadi anggota atau entah pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kalau tidak salah masih pindah-pindah," jelasnya.

Menyangkut pertemuan Alex dengan adik Presiden Jokowi, Idayati, Bayu mengatakan tidak ada kaitan dengan PDIP. Dia mengatakan pertemuan itu mungkun urusan lain yaitu hanya sekadar silahturahmi.

"Belum ada kaitannya dengan PDI Pejuangan. Saya rasa silaturahmi biasa, kalau ada niatan ke depan (mencalon bupati lewar PDIP), sudah pasti ada soalnya ke DPP, DPD atau DPC. Mungkin ada urusan lain," jelasnya.

Sikap PKS

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bogor membenarkan Alex pernah mendatangi PKS untuk maju sebagai calon bupati yang diusung. Ketua PKS Kabupaten Bogor Dedi Aroza menceritakan kedatangan Alex ke kantor PKS bersama sejumlah habaib.

Menurut dia, Alex saat itu berniat bergabung jadi kader PKS. "Adapun Pak Alex memang beliau pernah datang ke kantor PKS bersama para habaib, berniat masuk PKS. Jadi, sebagai partai kita terbuka siapa saja yang akan masuk PKS kita terima," katanya.

Dedi mengatakan, Alex saat ke kantor PKS diterima Ketua DPD Bogor periode Agus Salim dan sudah diterima sebagai anggota. Namun, terkait dinamika saat ini, PKS Kabupaten Bogor masih melihat perkembangan politik.

"(Akan diusung PKS) Kita masih berproses dan terus melihat perkembangan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya